Pemerintah Harap Layanan Fast Track Bagi Jemaah Indonesia Ditambah

| Senin, 13/05/2019 21:19 WIB
Pemerintah Harap Layanan Fast Track Bagi Jemaah Indonesia Ditambah Menko PMK Puan Maharani, Menag Lukman Hakim dan Menkes Nila Moeloek rapat bahas persiapan haji di Mekkah (foto: kemenag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meminta pemerintah Arab Saudi untuk menambah layanan fast track bagi jemaah haji Indonesia. 

"Bila tahun lalu fast track baru bisa dirasakan oleh jemaah haji Indonesia dari Embarkasi Jakarta, kami berharap tahun ini setidaknya ada penambahan. Setidaknya satu atau dua embarkasi lagi, yaitu Embarkasi Solo dan Surabaya," kata Menteri Lukman saat bertemu Dubes Arab Saudi Esam A Abid Althagafi di Kemenag Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Lukman, layanan tersebut sangat membuat jemaah haji Indonesia nyaman dalam berhaji. Selain menghemat waktu, ini juga menghemat energi para jemaah. Sangat membantu.

Meski demikian, Lukman mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah melakukan berbagai perbaikan dalam layanan haji.

"Mulai dari perluasan Masjidil Haram, perluasan hotel-hotel di Makkah, di Madinah, serta penambahan fasilitas di Arafah. Itu semua sangat membantu jemaah haji. Bukan hanya (jemaah haji) Indonesia, tetapi juga dunia," jelas Menag.

Tags : Haji 2019 ,

Berita Terkait