Wujudkan Buruh Juara, Disnakertrans Jabar Siapkan 6 Action Plan

| Senin, 13/05/2019 00:23 WIB
Wujudkan Buruh Juara, Disnakertrans Jabar Siapkan 6 Action Plan Kemnaker melakukan sidak di sejumlah Perusahan penyalur calon TKI (foto: kemnaker)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Sejak Maret 2019, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat telah merancang action plan mewujudkan program Buruh Juara, Migran Juara, dan Milenial Juara.

Di hadapan sejumlah awak media, Kepala Disnakertrans Jawa Barat Ade Afriandi membeberkan bahwa ada enam action plan yang sedang dikerjakan.

Pertama, percepatan pengupahan yang mengarah pada reformasi pengupahan. Kedua, mendorong penguatan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara pengawasan dan hubungan industrial.

Ketiga, revitalisasi balai latihan kerja (BLK) guna memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja, baik lokal, regional maupun internasional. Keempat, optimalisasi mobile training unit di desa-desa agar calon tenaga kerja yang ada di desa tidak lari ke kota.

Kelima, membuat sistem informasi navigasi migran service center. Keenam, membuat konsep democration of labour yang sudah dicoba saat May Day 2019 dengan mengadakan May Day menjadi ajang kreativitas buruh tanpa mengurangi apa yang menjadi tuntutan buruh.

"Keenam action plan ini juga merupakan jawaban atas rilis BPS terkait data pengangguran di Jawa Barat yang tertinggi se-Indonesia. Artinya, kami sudah merancang program agar angka pengangguran bisa diturunkan," katanya.

Tags : Disnaker , Jawa Barat , Buruh

Berita Terkait