Finlandia, Potret Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

| Minggu, 16/06/2019 09:53 WIB
Finlandia, Potret Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia Proses belajar mengajar di Finlandia (foto Twitter @MMFlint)

RADARBANGSA.COM - Finlandia dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Aktivis pendidikan asal Amerika, Michael Moore mengungkap era 1960-an, pendidikan di Finlandia mengalami titik nadir, bahkan sempat kalah dari Amerika Serikat.

Tapi seiring berjalannya waktu, sistem pendidikan di negara tersebut terus membaik. Hingga pada era 2000-an, Finlandia disebut sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, jauh di atas Amerika, apalagi Indonesia.

Michael Moore sangat tertarik meneliti kunci sukses negara bagian Skandinavia itu melalui berbagai wawancara dan observasi lapangan yang dilakukannya pada 2016 yang lalu.

Dia mencoba menggali informasi dari sejumlah tokoh pendidikan negara tersebut, salah satunya Menteri Pendidikan Finlandia, Krista Kiuru.

Moore menanyakan apa yang dilakukan pemerintah Finlandia sehingga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Mendengar pernyataan Moore tersebut, Krista Kiuru memberikan jawaban yang mengejutkan. Menurut Krista, pemerintah Finlandia tidak pernah membebani siswa dengan pekerjaan rumah alias PR.

“Mereka tidak pernah diberi PR. Mereka harus menjadi anak-anak, menjadi remaja, untuk menikmati hidup,” kata Krista dilansir dari Intisari.

Tak cukup dengan wawancara sang Menteri, Moore melanjutkan petualangannya ke sekolah-sekolah. Dia menemui guru-guru yang aktif mengajar di sekolah-sekolah Finlandia, salah satunya Leena Liusvaar.

Leena yang juga seorang Kepala Sekolah diwawancarai oleh Moore perihal waktu pembelajaran yang diterapkan di sekolahnya.

Dari wawancara inipun terkuak jawaban yang mencengangkan. Leena menyatakan waktu pembelajaran di sekolah Finlandia hanya tiga jam dalam sehari.

“Tiga jam sehari, 20 jam dalam seminggu. Jika hanya PR, PR, dan PR, tidak ada waktu untuk belajar, dan itu tidak berguna untuk jangka panjang,” ujar Leena.

Murid-murid di Finlandia memiliki masa pendidikan yang paling pendek dibanding negara-negara lain. Meski demikian, mereka lebih berprestasi dibanding murid-murid di belahan dunia lainnya.

“Kami mengajari mereka untuk bahagia, untuk menghargai orang lain dan dirinya sendiri,” ujar seorang guru matematika di negara yang terletak di wilayah Eropa Utara itu.

Terhormatnya Profesi Guru

Di Finlandia, profesi guru sangat terhormat. Mereka sejajar dengan profesi dokter dan pengacara. Menjadi seorang guru di Finlandia merupakan pekerjaan yang sangat diidamkan. Selain karena gajinya yang tinggi (dua kali lipat dari guru di AS), persaingan menjadi guru juga sangat ketat.

Sebab standar guru di Finlandia harus bergelar master sekalipun untuk mengajar anak sekolah dasar.

Apakah mereka memang memiliki mutu yang lebih istimewa ketimbang guru-guru lain di dunia? Nyatanya, proses penyeleksian untuk menjadi guru di Finlandia tidak main-main ketatnya.

Sebab penyeleksian ketat sudah dilakukan sejak seseorang ingin mengambil jurusan pendidikan guru di perguruan tinggi. Banyak calon mahasiswa yang gagal masuk jurusan pendidikan ketika mendaftar di perguruan tinggi.

Rupanya, ada aturan yang tidak biasa dalam penyeleksian guru di Finlandia. Sudah terkenal di sana bahwa masuk jurusan keguruan itu memang sulit.

Bahkan untuk masuk jurusan pendidikan sekolah dasar sekalipun. Hanya satu dari 10 pendaftar yang diterima setiap tahunnya. Mereka kemudian harus belajar 5-6 tahun sebelum diizinkan mengajar secara profesional.

Tags : Pendidikan , Firlandia