Aleta Baun, Perempuan Pejuang Indonesia Timur Masuk Jajaran Elit PKB

| Kamis, 29/08/2019 08:02 WIB
Aleta Baun, Perempuan Pejuang Indonesia Timur Masuk Jajaran Elit PKB Mama Aleta Baun saat memberikan sambutan di acara sosialisasi UU tentang Perlindungan Anak di Nusa Dua (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Siapa yang tidak mengenal Mama Aleta, pejuang lingkungan hidup di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia adalah anggota DPRD Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) NTT yang sukses melindungi sumber air untuk masyarakat dari pertambangan marmer.

Wanita bernama lengkap Aleta Baun ini begitu aktif dan bersyukur dapat bergabung dengan PKB. Ia dipercaya oleh partai untuk untuk mengurusi Bidang Lingkungan Hidup dan Pariwisata sebagai sekretaris.

"Saya lakukan advokasi sejak 1993 untuk perjuangkan hak rakyat NTT, ulah pertambangan marmer membuat hak rakyat untuk mendapat air bersih hilang. Sekarang, saya bersama PKB dapat lebih leluasa mengadvokasi hak masyarakat," kata Dewan Pendiri LSM PIKUL ini kepada radarbangsa.com beberapa waktu lalu.

Menurut Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin, perjuangan wanita peraih Awarded Goldman Environment Prize 2013 ini telah sesuai dengan tujuan dan perjuangan PKB untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup demi mewujudkan Indonesia yang hijau dan lestari.

“Apa yang dilakukan Mama Aleta dalam melestarikan dan menjaga lingkungan hidup telah sesuai dengan tujuan PKB yakni green party,” kata Gus Muhaimin.

Selain di PKB, Mama Aleta juga aktif di berbagai ogranisasi yang memperjuangkan lingkungan hidup seperti Organisasi A’taimamut (POKJA OAT) ia juga termasuk pendirinya. Berbagai langkah maju pembangunan masyatakat, POKJA OAT telah memiliki 640 kelompok tani, ternak, tenun dan nelayan yang tersebar di kabupaten TTS.

Ia juga tercatat sebagai Dewan Pendiri Yayasan Taim Hine  Aleta Baun. Yayasan bergerak di bidang lingkungan, sudah dan sedang mempersiapkan 30.000 anakan mangga dan nagka siap distribusi di NTT.

Mama Aleta juga sebagai Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, sudah 8 kali natal masyarakat adat di Kab. TTS. Sebagai anggota DPRD NTT, mama Aleta berkomitmen untuk terus bekerja secara nyata kepada masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang mandiri.

Selain itu, Mama Aleta juga merupakan Dewan Pendiri LSM PIKUL, Pendiri Mama Aleta Fund Asia dan Anggota Dewan AMAN Perempuan Indonesia.

Atas dedikasinya dalam memperjuangkan lingkungan, Mama Aleta pun menyabet berbagai penghargaan. Seperti Awarded Goldman Environment Prize 2013, Awarded Yap Thiem Hien 2016, Awarded Saparinah Sadli 2017, Anak Flobamora Award 2014, dan Partai Kebangkitan Bangsa Award 2014.

Berikut profil lengkapnya:

Nama : Aleta Kornelia Baun, SH

Profesi : Pejuang lingkungan, pejuang hak-hak perempuan dan anak, Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Jabatan terakhir :

- Anggota Komisi III DPRD NTT Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2014-2019

- Sekretaris Bidang Lingkungan Hidup dan Pariwisata DPP PKB Periode 2019-2024           

Pengalaman Organisasi:

  1. Pendiri Organisasi A’taimamut (POKJA OAT )
  2. Dewan Pendiri LSM PIKUL
  3. Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara
  4. Pendiri Mama Aleta Fund Asia
  5. Dewan pendiri Yayasan Taim Hine Aleta Baun
  6. Anggota Dewan AMAN Perempuan Indonesia

Penghargaan:

  1. Awarded Goldman Environment Prize 2013
  2. Awarded Yap Thiem Hien 2016
  3. Awarded Saparinah Sadli 2017
  4. Anak Flobamora Award 2014
  5. Partai Kebangkitan Bangsa Award 2014.
Tags : Mama Aleta , PKB ,

Berita Terkait