Anisa Syakur Dorong Sinergitas Kemensos dalam Entaskan Kemiskinan

| Rabu, 20/11/2019 21:51 WIB
Anisa Syakur Dorong Sinergitas Kemensos dalam Entaskan Kemiskinan Anggota Komisi VIII FPKB Anisa Syakur (kiri) foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI melakukan Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, Rabu 20 November 2019. Raker ini membahas evaluasi program dan anggaran tahun 2019 dan rancangan anggaran tahun 2020 serta pembahasan Rencana Undang-Undang Penanggulangan Bencana.

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Anisa Syakur mengkritisi Kementerian Sosial (Kemensos) soal kekurangberhasilan dalam program mengentaskan kemiskinan.

Memang selama ini, kekurangberhasilan di Kemensos termasuk soal mengentaskan kemiskinan karena data tidak valid. Tetapi saya apresiasi Kemensos terus melakukan update data. Untuk itu, ke depan saya berharap program tidak salah sasaran,” kata Anisa Syakur.

Dalam kesempatan itu juga, legislator PKB asal Jatim II itu mempertanyakan sinergitas Kemensos dengan lembaga lain dalam mengentaskan kemiskinan sehingga tidak tumpang tindih.

“Dalam mengentaskan kemiskinan, apakah kemensos telah melakukan koordinasi dengan pihak lain seperti Baznas yang sama-sama mempunyai program mengentaskan kemiskinan?,” tanyanya.

Selain itu, Anisa juga menyampaikan bahwa Indonesia sangat rawan dengan bencana alam. Untuk itu, koordinasi dengan pihak terkait sangat dibutuhkan. Sehingga program mitigasi dan penanganan bencana cepat selesai.

“Kami mendorong upaya Kemensos dan sinerginya dengan pihak lain dalam menyelesaikan dan mempercepat bantuan daerah bencana seperti sekolah roboh di gentong pasuruan agar anak-anak dapat segera beraktivitas dan bersekolah kembali dengan baik dan nyaman," tukasnya.

Tags : PKB , Anisa Syakur , Komisi VIII