Gus Muhaimin Yakin Indonesia Stop Impor Solar 2020

| Kamis, 21/11/2019 17:49 WIB
Gus Muhaimin Yakin Indonesia Stop Impor Solar 2020 Wakil Ketua DPR RI A Muhaimin Iskandar menghadiri forum EPP di Kroasia (foto: istimewa)

KROASIA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhamin Iskandan mengatakan, sektor transportasi potensial memberi sumbangan dalam mengatasi peningkatan emisi karbon secara global.

“Kendaraan dan bahan bakar yang digunakan sangat menentukan seberapa besar emisi karbon yang dilepaskan,” kata pria yang akrab disapa Gus Muhaimin di sela-sela pertemuan Parlemen Eropa di Kroasia, Rabu 20 November 2019.

Baca juga: Gus Muhaimin Lobi Parlemen Eropa, #SelamatkanSawit Menggema di Twitter

Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk menurunkan kadar emisi karbon sebesar 29 persen hingga 2030 mendatang, “Sudah saya sampaikan di forum Parlemen Eropa tersebut,” katanya.

Bahkan, kata Ketua Umum DPP PKB itu, menyakini Indonesia akan menyetop impor solar, “Ya paling tidak hanya meneruskan kontrak impor yang lama. Duitnya bisa digeser untuk menambal BPJS dan lainnya,” katanya.

Baca juga: Gus Muhaimin Minta Kroasia Lobi Uni Eropa `Selamatkan` Nasib 16 Juta Buruh Sawit

Diketahui, dalam lawatannya ke Eropa, Gus Muhaimin itu melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua DPR Kroasia Zeljko Reiner sebelum menghadiri forum EPP. Dalam kesempatan ini, Gus Muhaimin memintanya agar membantu partai-partai yang tergabung dalam Parlemen Eropa untuk menghapus atau mencabut sanksi sawit Indonesia.

Tags : PKB , Gus Muhaimin , Impor Solar