DPR Dorong PSBI Berikan Pendampingan Pada Petani

| Senin, 25/11/2019 22:57 WIB
DPR Dorong PSBI Berikan Pendampingan Pada Petani Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan saat memimpin Tim Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lampung Timur, Jumat (22/11). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan mengatakan, Bank Indonesia (BI) dalam menjalankan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) jangan hanya memberikan pendampingan kepada petani terkait bidang ekonomi dan teknis pertanian saja. Dia meminta agar PSBI juga harus memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada petani terkait teknologi pertanian yang lebih canggih, hingga pembekalan kepada generasi milenial, khususnya di Lampung Timur.

Baca Juga: Raker dengan Kemenkeu, Komisi XI DPR Terima Evaluasi Kinerja APBN 2019

Fathan juga mengapresiasi PSBI yang berperan melalui program-program yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dengan beberapa program seperti program klaster padi di Lampung timur dan program LED Kopi Robustadi Way Kanan, serta sektor pariwisata. Banyak komoditas yang bisa diperdagangkan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setempat, seperti potensi pertanian hingga perikanan.

“UMKM-nya berpotensi baik dengan modal SDM yang banyak. Dari sisi pariwisata Lampung punya Gunung Krakatau yang bila digali potensi dan diperbaiki infrastrukturnya pasti akan maju," kata Fathan seperti dilansir dari parlementaria, Senin, 25 November 2019.

Legislator dari Fraksi PKB itu juga meminta ke depan agar langsung dipertemukan dengan petani yang mendapat bantuan PSBI. Dengan harapan bila ditemukan permasalahan pada tingkatan petani, bisa langsung diperjuangkan.

Baca Juga: DPR Minta Penerimaan Pajak Dioptimalkan Guna Minimalisir Utang

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Ela Siti Nuryamah juga mengapresiasi PSBI yang membina Gapoktan Maju Bersama Desa Bumi Harjo, yang sudah berhasil mengadakan event-event dan festival kopi. Ia berharap keberhasilan Gapoktan Maju Bersama dapat diikuti oleh Gapoktan lain di seluruh Indonesia.

“Dalam hal ini kita ingin bahwa sebetulnya kelompok-kelompok tani itu bisa meniru apa yang dilakukan Gapoktan Maju Bersama. Petani-petani Indonesia harus naik kelas. Bukan lagi sebatas menjadi petani modern yang hanya memproduksi saja, tetapi petani kita juga harus bisa mengekspor,” harap politisi dapil Lampung itu.

Tags : DPR RI , PSBI , Petani , UMKM