Presiden Minta Dana Desa Diarahkan ke Program Padat Karya

| Rabu, 11/12/2019 17:51 WIB
Presiden Minta Dana Desa Diarahkan ke Program Padat Karya Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) tentang Penyaluran Dana Desa Tahun 2020, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi meminta agar Dana Desa yang jumlahnya terus meningkat sudah bisa dimanfaatkan mulai Januari 2020. Ia juga memerintahkan agar penggunaan Dana Desa mengutamakan program padat karya.

“Utamakan program yang padat karya dan berikan kesempatan kerja bagi mereka yang miskin yang menganggur di desa dengan model cash for work,” kata Presiden Jokowi.

Namun dalam realisasinya, Presiden Jokowi mengarahkan agar penggunaan Dana Desa mulai diarahkan untuk sektor-sektor yang lebih produktif. Seperti pengolahan pasca panen, industri-industri kecil, industri mikro yang ada di desa, budidaya perikanan dan desa wisata.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar direvitalisasi sebagai penggerak ekonomi desa.

Jokowi menuturkan bahwa dirinya telah mendapatkan laporan adanya 2.188 Bumdes tidak beroperasi dan 1670 Bumdes yang beroperasi tapi belum memberikan kontribusi pada pendapatan desa.

“Jadi tolong ini menjadi catatan,” tegasnya.

Tags : Dana Desa , Program Padat Karya