Pagar Nusa Gelar Kejurnas Pencak Silat ke-III, 194 Medali Diperebutkan

| Senin, 23/12/2019 09:54 WIB
Pagar Nusa Gelar Kejurnas Pencak Silat ke-III, 194 Medali Diperebutkan Maskot Kejurnas dan Festival ke-III Pagar Nusa (foto istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Pusat (PP) Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) bakal menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat ke-III di Padepokan Pencak Silat TMII bersamaan dengan Harlah ke-34 Pagar Nusa, pada 3 – 7 Januari 2020 mendatang.

Wakil Sekretaris PP Pagar Nusa NU, Nasrul Fani optimis Kejurnas III bakal sukses sesuai rencana. Menurut dia, kegiatan ini akan melibatkan 1000 pendekar.

“Sebanyak 720 pendekar sudah mendaftar dan dicatat panitia, dan masih banyak Pengurus Wilayah (PW) lain menyusul. Para pendekar ini merupakan kontingen yang mewakili 21 PW Pagar Nusa se-Indonesia,“ terang Nasrul yang juga sebagai Sekretaris Panitia Kejurnas III Pagar Nusa di sela-sela persiapan di Sekretariat PP PSNU Pagar Nusa di Jakarta, Sabtu, 21 Desember 2019.

Berdasarkan informasi dari beberapa PW, lanjut Nasrul, banyak pendekar berkeinginan ikut mendaftar menjadi peserta Kejurnas. Seluruh peserta yang mendaftar diseleksi oleh PP Pagar Nusa sesuai dengan ketentuan Kejurnas III.

Nasrul menambahkan, PP Pagar Nusa juga bakal memperpanjang masa pendaftaran peserta Kejurnas III. Menurut Nasrul, perpanjangan ini dilakukan untuk memberi kesempatan kepada beberapa PW yang masih menggelar seleksi tingkat wilayah.

“Insyaallah ini masih akan bertambah. Sebab sesuai arahan PP, kita akan genapkan waktu pendaftaran kita perpanjang hingga 31 Desember nanti,” urainya.

Nasrul menyebut ada Kejurnas III memperebutkan 194 medali. “Dari keseluruhan kategori termasuk kategori seni, jurus baku, dan festival. Kita mempertandingkan pencak silat sebagai seni ya, total ada 194 medali diperebutkan,” terangnya.

Dia juga menambahkan, Kejurnas III digelar berdasarkan usia yang terbagi atas pra-remaja, remaja, dan dewasa dengan empat kategori yakni perorangan putra, perorangan putri, berpasangan, dan berkelompok.

Tags : NU , Pagar Nusa , Nasrul Fani , Pencak Silat