PB PMII Launching Gerakan `Goceng Untuk Kongres`

| Jum'at, 10/01/2020 22:10 WIB
PB PMII Launching Gerakan `Goceng Untuk Kongres` PB PMII launching gerakan PMII Mandiri yang bertajuk Goceng untuk Kongres di Kantor PB PMII, Jakarta, Jumat (10/1). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) launching gerakan PMII Mandiri yang bertajuk "Goceng untuk Kongres" menjelang Kongres XX yang akan dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, 16-21 April 2020. Ketua Umum PB PMII Agus Mulyono Herlambang mengatakan, gerakan kemandirian ekonomi untuk Kongres XX merupakan sebuah upaya untuk menggalang partisipasi kader dan seluruh alumni untuk ikut terlibat dalam mensukseskan kongres.

"Panitia Kongres XX PMII memiliki inisiatif mengkampanyekan Kongres XX PMII kepada seluruh kader dan alumni agar dapat turut serta menyukseskan acara tersebut melalui gerakan ini," kata Agus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

Baca Juga: PB PMII Kecam Penyerangan Sekretariat PMII Makassar

"Selain itu juga mendorong spirit baru untuk bergotong royong sesuai falsafah kebudayaan Indonesia, agar PMII bisa mandiri dan keluarga besar PMII semakin loyal untuk organisasi," imbuhnya.

Agus menjelaskan latar belakang pemberian istilah Gerakan Goceng untuk Kongres. "Terus mengapa goceng? Sebab di lembar uang goceng atau Rp5.000 terdapat gambar sosok pahlawan nasional yang merupakan tokoh besar NU yaitu adalah KH Idham Chalid, yang pernah menjadi Ketua Umum PBNU pada tahun 1956-1984. Beliau juga pernah menjadi Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, beberapa kali Wakil Perdana Menteri di Era Presiden Soekarno dan beberapa kali Menteri di Era Presiden Soeharto," paparnya.

Agus meminta kepada seluruh kader dan alumni PMII se-Indonesia agar ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Kongres XX melalui gerakan Goceng untuk Kongres.

"Mari kita bergotong-royong menyukseskan gerakan “Goceng untuk Kongres”. Mari bersama-sama untuk berpartisipasi, berkontribusi dalam membangun kemandirian PMII," pungkasnya.

Baca Juga: Kopri PB PMII Gelar Talk Show dan Deklarasi Damai Usai Pemilu

Sementara itu, Koordinator nasional gerakan Goceng untuk Kongres, M Chabib Alwi mengaku gerakan ini merupakan terobosan baru dalam mewujudkan kemandirian ekonomi PB PMII. "Kita ingin mengoptimalkan partisipasi kader PMII di seluruh Indonesia, dan tidak ingin menggantungkan pada bantuan orang lain," kata Alwi.

"Akan tetapi kalo ada donatur yang ingin menyumbang, akan kita terima," tandasnya.

Sebagaimana diiinformasikan, PB PMII dari tingkat pusat hingga di tingkatan rayon memiliki 25 Pengurus Koordinator Cabang di tingkat Provinsi, 252 Cabang di tingkatan Kabupaten dan Kota, 634 Komisariat di tingkatan kampus dan 1.313 Rayon di tingkatan Fakultas Perguruan Tinggi serta jutaan kader dan alumni yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Tags : PB PMII , Goceng Untuk Kongres , Kongres XX

Berita Terkait