PM Hungaria Victor Orban: PKB, Partai yang Menginspirasi

| Kamis, 23/01/2020 19:49 WIB
PM Hungaria Victor Orban: PKB, Partai yang Menginspirasi Forum Executive Committee Meeting Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta (foto: radarbangsacom/ Bang AL)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi tuan rumah dalam forum Executive Committee Meeting Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta yang dimulai pada 22-25 Januari 2020.

Menurut Perdana Menteri Hungaria Victor Orban, PKB merupakan partai dengan basis pendukung dari muslim moderat yang mampu menginspirasi dirinya.

“Setahun lalu saya bertemu dengan PKB. PKB saya lihat sangat menginspirasi. Kita tahu di Eropa, kita punya masalah soal isu identitas,” kata Victor Orban yang juga memiliki basis pendukung agama di negaranya.

Menurut Victor, isu utama di Eropa adalah bagaimana mempertahankan identitas nasional dan kristianitas dimana kekuatan liberal berusaha memperkenalkan era baru yakni pasca kristian.

“Saya rasa identitas merupakan hal yang penting bagi manusia terutama dalam hal identitas keagamaan,” tambahnya.

Victor menganggap pertemuan tersebut sangat penting untuk dilakukan karena bisa memahami gerakan politik Islam, "Memahami gerakan Islam dan bagaimana mengekpresikan diri secara politik, saya melihat melangkah semakin dekat," tukasnya.

Diketahui, dalam forum bergengsi itu menghasilkan 10 resolusi diantaranya Resolusi CDI dalam mempromosikan tatanan dunia internasional berbasis regulasi, etika universal dan nilai-nilai kemanusiaan, Resolusi Venezuela, Resolusi Nicaragua, Resolusi Bolivia, Resolusi KTT Iklim COP26, Resolusi Kolombia, Resolusi Armenia, Resolusi Meksiko, Resolusi Arfika dan Resolusi tentang Pertukaran Tahanan di Ukraina.

Tags : CDI , Gus Muhaimin , PKB , PM Hungaria