Legislator PKB Minta Pemerintah Jamin Keselamatan WNI di Luar Negeri dari Virus Corona

| Rabu, 29/01/2020 19:52 WIB
Legislator PKB Minta Pemerintah Jamin Keselamatan WNI di Luar Negeri dari Virus Corona Syaiful Bahri Anshori (Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori meminta pemerintah menjamin keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri dari bahaya virus corona yang telah merebak hingga ke beberapa negara. Hal itu ditujukannya untuk Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Baca Juga: Syaiful Bahri Anshori: DPR Dukung Penguatan TNI Untuk Jaga Kedaulatan Bangsa

Disampaikannya, keselamatan jiwa WNI harus menjadi prioritas pemerintah. Bahkan, sambungnya, kalau perlu minta bantuan ke kementerian maupun lembaga lain yang bisa dengan cepat menyelamatkan WNI di luar negeri.

"Misalkan bantuan dari TNI, seperti juga yang dilakukan oleh negara-negara Eropa mengevakuasi warganya dari negara yang terindikasi kena dampak virus corona," kata Syaiful dalam keterangannya, Rabu, 29 Januari 2020.

Selain itu, Legislator Fraksi PKB itu meminta pemerintah segera mencabut bebas visa untuk negara Tiongkok (China) dalam rangka mengeliminisir masuknya virus corona ke Indonesia. Pasalnya, Tiongkok dalam hal ini pemerintah Wuhan melarang warganya untuk bepergian ke luar negeri.

"Sekali lagi ini semua untuk kepentingan bersama-sama, yaitu masyarakat Indonesia agar tidak terjangkit oleh virus yang mematikan itu," tuturnya.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Cak Imin Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Tak hanya itu, Syaiful juga meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk selalu siap dalam mengantisipasi masuknya virus corona ke Indonesia. Khususnya, daerah wisata dan industri yang banyak didatangi oleh turis asing dan pekerja asing.

"Karena kalau kita tidak mampu mencegah masuknya virus yang mematikan ini, akan mengganggu perekonomian kita," pungkas Legislator dapil Jawa Timur IV (Kabupaten Jember dan Lumajang) itu. 

Tags : Virus Corona , Syaiful Bahri Anshori , WNI , PKB

Berita Terkait