Konsistensi dan Networking Kunci Raih Kesuksesan

| Minggu, 02/02/2020 13:34 WIB
Konsistensi dan Networking Kunci Raih Kesuksesan Wamendag Jerry Sambuaga (foto: kemendaggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, konsistensi dan penguatan jejaring kerja merupakan dua dari beberapa kunci untuk meraih kesuksesan. Pernyataan ini disampaikan Wamendag saat menghadiri “Inspiration Day” di Kantor OSB, Kayseri, Turki, pada Sabtu 1 Februari 2020 di hadapan sekitar 200 peserta yang merupakan pelajar Indonesia yang sedang menimba ilmu di Turki.

Kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian kunjungan kerja Wamendag ke Turki yang dijadwalkan berlangsung pada 1—3 Februari 2020. Turut hadir dalam acara tersebut, Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal dan Konsul Kehormatan Turki untuk RI Tahir Nursacan.

“Ada beberapa hal penting yang menjadi kunci untuk dapat meraih kesuksesan, yaitu konsistensi, doa dan rasa syukur, serta jejaring kerja,” jelas Wamendag saat diminta memberikan saran untuk menjadi pribadi sukses.

Pertama, kita perlu konsisten. Kita harus melakukan apa yang telah dilakukan secara konsisten dan menyelesaikan hal-hal yang sudah dimulai.

Kedua, dengan doa dan rasa syukur. Jangan merasa kecewa jika belum atau tidak mendapatkan yang diinginkan sambil terus berdoa dan mengucapkan syukur.

Ketiga, perkuat jejaring kerja (networking). Networking akan datang menghampiri kalau kita berprestasi. “Orang yang berprestasi akan mendatangkan perhatian dari orang lain dan itu merupakan langkah awal dalam membangun networking yang akan sangat berguna di masa mendatang,” imbuh Wamendag.

Faktor lain yang juga bisa membantu kesuksesan, lanjut Wamendag, adalah keberuntungan. Namun, Wamendag menekankan, keberuntungan akan lebih banyak mendatangi individu yang bekerja lebih keras.

Baik Wamendag maupun para pelajar sangat antusias dalam bertukar pikiran. Sebagian besar pelajar yang ikut serta dalam acara ini berasal dari jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Politik yang merupakan bidang akademis yang digeluti Wamendag.

“Selain itu, diharapkan agar semua pelajar Indonesia di Turki juga dapat menjadi agen pemasaran untuk menjual produk ekspor Indonesia,“ pungkas Jerry Sambuaga di akhir acara.

Tags : Kemendag , Jerry Sambuaga