Komisii VII Desak ESDM Kaji Besaran Over Capacity Program Listrik 35.000 MW

| Rabu, 05/02/2020 20:44 WIB
Komisii VII Desak ESDM Kaji Besaran Over Capacity Program Listrik 35.000 MW Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin (Foto: infosekayucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat atau RDP dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). RDP ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Alex Noerdin.

Alex Nurdin mengatakan, Komisi VII DPR RI meminta Dirjen Ketenagalistrikan untuk melakukan kajian soal besaran over capacity listrik dalam program listrik 35.000 megawatt.

“Komisi VII DPR RI meminta Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI untuk melakukan kajian mengenai besaran over capacity listrik beserta solusinya pada program pembangkit 35.000 MW,” kata Alex saat membacakan kesimpulan rapat.

Komisi VII DPR RI juga mendesak Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan dalam setiap pembangunan pembangkit listrik.

“Komisi VII DPR RI sepakat dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI untuk melanjutkan program sambungan listrik gratis bagi rumah tangga tidak mampu untuk daya maksimal 450 VA,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Alex, Komisi VII juga mendesak Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM untuk memvalidasi dan meningkatkan rasio elektrifikasi khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T), dan meningkatkan keandalan kelistrikan secara nasional. Komisi VII DPR RI juga meminta Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI untuk menyampaikan data terkait rasio elektrifikasi, SAIDI, dan SAIFI, jumlah desa.

Tags : Komisi VII DPR , Kementerian ESDM

Berita Terkait