Achmad Yurianto: Hari Ini 2 Orang Lagi Positif Corona

| Jum'at, 06/03/2020 22:28 WIB
Achmad Yurianto: Hari Ini 2 Orang Lagi Positif Corona Ilustrasi Virus Corona (foto: padangkita)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk penanganan wabah Virus Korona (Covid-19), Ahmad Yurianto menyampaikan bahwa hari ini ditemukan kembali 2 (dua) orang positif terkena Covid-19 yang merupakan kasus 3 dan 4.

“Hari ini kita sudah menambah dua lagi kasus positif, yaitu kasus nomor 3 (dan) nomor 4 yang merupakan rangkaian dari contact tracing/penelusuran kontak dari kasus yang nomor 1 dan dari kasus yang nomor 2,” kata Achmad Yurianto dalam siaran pers setkabgoid, Jumat 6 Maret 2020.

Menurut Achmad Yurianto yang juga Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, berdasarkan penelusuran kasus 1 dan 2, ditengarai ada 1 sekelompok komunitas yang kemudian dinggap berpotensi terpapar Covid-19, sehingga diputuskan segera dilakukan contact tracing.

“Kita melakukan penelusuran, mencari, kemudian mengidentifikasi orang-orang yang kontak dekat dengan 2 kasus yang utama, kasus 1 dan kasus 2,” jelas Achmad Yurianto.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menyampaikan bahwa hingga saat ini kondisi kedua pasien awal teridentifikasi Covid-19 secara umum baik, dapat sembuh dengan baik.

”Jadi pasien yang pertama memang mendapat rujukan dari rumah sakit swasta dan sudah dirawat di sana selama 5 hari. Dengan demam, demam tinggi kemudian batuk, pilek, dan sesak nafas dan badannya agak lemah. Dirujuk ke Rumah Sakit Sulianti Saroso pada tanggal 1 Maret ya, tanggal 1 Maret jam 3,” ujar M. Syahril dilansir setkabgodi, Jumat 6 Maret 2020.

Menurut Syahril, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium, hasilnya sebagaimana kemarin sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasien kedua, lanjut Syahril, ibu pasien 1 juga dirawat bersama karena merupakan close contact.

Tags : Virus Corona , Covid 19

Berita Terkait