Luluk Nur Hamidah: Wujudkan Pertanian Sehat Terpadu untuk Kedaulatan Pangan

| Jum'at, 13/03/2020 20:27 WIB
Luluk Nur Hamidah: Wujudkan Pertanian Sehat Terpadu untuk Kedaulatan Pangan Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah foto bersama usai menghadiri pelatihan untuk para petani di Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (11/3). (Foto: istimewa)

WONOGIRI, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah menghadiri pelatihan "Peningkatan Produktifitas Pertanian Menuju Pertanian Sehat Terpadu" di Desa Tukulrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Rabu, 11 Maret 2020 lalu. Selain Luluk, turut hadir praktisi pertanian yang sering disapa Mbah Moko.

Baca Juga: Luluk Nur Hamidah Hadiri Harlah BMT Nur Bintang Sembilan

Para Petani di Desa tersebut tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Mulyo yang dipimpin oleh Arif Sidiq. Adapun kelompok tani ini sudah berhasil mewujudkan pertanian sehat terpadu (petanian organik), bahkan mampu membuat pupuk sendiri.

Pada kesempatan itu, mereka juga mengusulkan penggunaan lahan di sekitar pegunungan untuk ditanami pohon produktif. Selain itu, mereka juga mengusulkan penambahan sarana dan prasarana pertanian.

Dalam sambutannya, Luluk menegaskan bahwa ada beberapa persoalan terkait pertanian di Desa yaitu; Integrited Farming System, lahan yang sempit karena banyak yang di alih fungsikan menjadi perumahan. Hal ini, menurutnya, harus ada intervensi kebijakan dari pemerintah baik daerah maupun pusat.

"Saya juga menyarankan agar para petani dibekali pengetanuan bertani. Bisa melalui pelatihan-pelatihan," kata Legislator Fraksi PKB ini.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Luluk: Kesetaraan Untuk Kemaslahatan Bangsa

Terkait pemasaran produk pertanian, Luluk juga mendorong stabilitas harga dengan cara mengintegrasikan dengan Bulog. "Pemerintah harus hadir di saat kondisi seperti ini, karena tidak adanya pengawasan penggunaan pupuk sintetis dan insektisida. Akibatnya banyak tanah pertanian yang rusak," ujarnya.

Tags : Luluk Nur Hamidah , Pertanian , Kelompok Tani , PKB