Gus Halim: Lebih Dari 40 Ribu Desa Bentuk Relawan Desa Cegah Covid-19

| Minggu, 19/04/2020 18:31 WIB
Gus Halim: Lebih Dari 40 Ribu Desa Bentuk Relawan Desa Cegah Covid-19 Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (tengah) foto: kemendesagoid

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat lebih dari 40 ribu desa telah membentuk (suka) relawan desa lawan COVID – 19. Dari jumlah desa tersebut, total relawan berjumlah lebih dari 1 juta warga.

Relawan Desa Lawan COVID – 19 yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berprinsip gotong royong dengan melibatkan warga desa dalam aktivitas maupun kegiatannya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menyampaikan bahwa Relawan Desa Lawan COVID-19 telah berperan aktif dalam pemantauan COVID – 19.

“42% desa di Indonesia telah melakukan aktivitas pemantauan pemudik,” ujar Abdul Halim di Graha BNPB Jakarta, Minggu 19 April 2020.

Total warga pemudik yang telah terpantau tersebut tersebar di 31.615 desa. Di samping pendataan pemudik, Abdul Halim juga menyampaikan Relawan Desa Lawan COVID – 19 telah menyiapkan ruang isolasi desa. 

Kemendes PDTT mencatat dari desa yang telah mendirikan ruang isolasi berjumlah 8.954 desa, dengan fasilitas lebih dari 35.000 tempat tidur.

Ruang isolasi tersebut berada di balai desa, ruang pertemuan desa maupun Gedung yang ada di desa, seperti PADU, sekolah maupun rumah penduduk yang dikosongkan.  Ruang-ruang yang memang telah dipersiapkan dilengkapi fasilitas kamar mandi, air, listrik dan logistik. 

Tags : Kemendesa , Relawan Desa , Covid19