Menaker Ida Berdayakan Korban PHK Melalui Program Padat Karya

| Jum'at, 24/04/2020 19:07 WIB
Menaker Ida Berdayakan Korban PHK Melalui Program Padat Karya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)
JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membuat terobosan baru dalam program padat karya. Salah satu bentuknya adalah melibatkan pekerja ter-PHK dan dirumahkan dalam penyemprotan desinfektan di lingkungan perusahaan akibat pandemi Covid-19.
 
“Biasanya padat karya infrastruktur itu membangun infrastruktur, tapi kali ini kita arahkan untuk penyemprotan desinfektan  melibatkan teman-teman pekerja yang ter-PHK atau dirumahkan. Kami juga memberikan bantuan kegiatan wirausaha kepada para pekerja itu,” Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dilansir kemnakergoid, Kamis 23 April 2020.

Menaker menjelaskan, program padat karya infrastruktur merupakan program regular Kemnaker. Namun di tengah pandemi Covid-19, program ini diarahkan untuk membantu pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.
 
Penyemprotan desinfektan ini merupakan bagian dari program padat karya infrastruktur kebersihan lingkungan. Program padat karya kebersihan lingkungan ini telah dilakukan di 4 lokasi yaitu lokasi/kawasan Pulau Gebang, Marunda, Cakung dan Tebet.

"Tiap kegiatan melibatkan 70 pekerja yang dilakukan secara bergilir sesuai dengan protokol kesehatan,”kata Menteri Ida.

Selain padat karya, program lain yang telah berjalan adalah program Kartu Prakerja. “Harapan kita program ini bisa membantu teman-teman yang di-PHK atau dirumahkan, sambil menunggu program Kartu Prakerja secara bertahap terealisasi,” jelas Menaker.
Tags : Menteri Ida Fauziyah , Padat Karya , Kemnaker

Berita Terkait