Salurkan Bansos, Presiden Minta Gubernur Hingga Kades Turun Langsung ke Lapangan

| Senin, 04/05/2020 17:35 WIB
Salurkan Bansos, Presiden Minta Gubernur Hingga Kades Turun Langsung ke Lapangan Presiden Jokowi (foto; setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat terbatas (Ratas) dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju yang digelar melalui telekonferensi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 4 Mei 2020.

Dikutip laman presidenrigoid, dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta program jaring pengaman sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), paket sembako, bantuan sosial (bansos), bantuan langsung tunai (BLT), hingga Dana Desa cepat disalurkan ke masyarakat.

Presiden Jokowi juga meminta Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara, para gubernur, bupati, wali kota, camat, hingga kepala desa untuk turun langsung menyisir ke lapangan.

Bahkan, kepala daerah diminta untuk bisa fleksibel dalam mencari solusi bagi warga miskin yang belum mendapatkan bansos, “Saya juga minta data penerima bansos dibuka secara transparan, siapa yang dapat, kriterianya apa, jenis bantuannya apa sehingga jelas, tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan kita bisa melakukan segera, koreksi di lapangan. Tadi sudah saya sampaikan mengenai persoalan timing, betul-betul harus di-manage secara baik karena ada bantuan dari pusat, dari daerah, kemudian juga dari desa,” kata Presiden Jokowi.

“Saya minta dibuat hotline untuk pengaduan sehingga apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan, kita bisa ketahui secara cepat,” tegasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Program Bansos