Dampak Covid-19, Cak Imin: Ketahanan Pangan Jadi Ancaman Jangka Pendek

| Sabtu, 09/05/2020 09:31 WIB
Dampak Covid-19, Cak Imin: Ketahanan Pangan Jadi Ancaman Jangka Pendek Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungkapkan bahwa ancaman yang paling pendek dari dampak Covid-19 ini adalah ketahanan pangan. Jika tidak ditangani dengan baik bukan tidak mungkin akan mengalami krisis pangan.

"Ancaman paling pendek dari dampak Covid-19 ini adalah ketahanan pangan kita yang sedang dan terus diantisipasi oleh pemerintah agar ketahanan pangan benar-benar bisa diantisipasi pasca Covid-19 mendatang,” kata Cak Imin saat membuka Webinar Omnibus Law, Krisis Iklim dan Pola Pembangunan Pasca COVID-19, Kamis 7 Mei 2020 kemarin.

Menurut Wakil Ketua DPR RI itu, harus dicari rumusan baru dalam pembangunan berkelanjutan termasuk isu lingkungan dan potensi Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. 

"Kita butuh rumusan baru yang bisa memuat aspek-aspek pembangunan dan butuh sistem perundang-undangan yang baru yang bisa mengisi pola pembangunan berkelanjutan yang terkait isu lingkungan, agraria dan potensi Indonesia sebagai lumbung pangan dunia harus kita cari solusinya," ungkapnya.

Bahkan, lanjut Ketua Tim Pengawas Covid-19 DPR RI itu,  implementasi Paris Agreement yang harusnya dilakukan pada 2020 ini malah menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. ”Isu lingkungan tentu saja implementasi dari Paris Agreement yang harusnya sudah dilaksanakan tahun 2020 ini akan menjadi tantangan Indonesia secara serius dan secara historis kita yang memiliki peran sebagai pionir memiliki tanggung jawab melaksanakan komitmen perubahan iklim,” tukasnya.

Tags : Cak Imin , PKB , Covid19

Berita Terkait