China Sebut AS Sebarkan Banyak Konspirasi

| Senin, 25/05/2020 14:30 WIB
China Sebut AS Sebarkan Banyak Konspirasi Bendera China dan AS (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri luar negeri China menuduh AS menyebarkan "konspirasi dan kebohongan" tentang virus corona yang kini semakin meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Diketahui, AS akhir - akhir ini telah banyak mengeluarkan tuduhan kepada china sebagai sumber penyebab dari penyebaran wabah virus covid-19. Hingga 25 Mei 2020, jumlah total kematian di AS akibat dari wabah ini mencapai 99.286, nyaris mendekati 100 ribu jiwa. Trump juga banyak dikritik oleh warganya karena  terbilang lambat dalam menangani pandemi ini.

Merespon hal tersebut, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mengatakan harusnya AS  "berhenti membuang-buang waktu dan menyia-nyiakan hidup yang berharga" dalam menanggapi wabah Covid-19. Demikian yang dikatakan kepada wartawan BBC, 25 Mei 2020.

Selain itu, Wang juga mengulangi pernyataan China bahwa mereka telah bertindak secara bertanggung untuk melindungi kesehatan publik global sejak pertama kali merebaknya virus di Wuhan.

“Selain kerusakan kesehatan yang disebabkan oleh virus corona di AS, juga terdapat virus politik yang menyebar. Virus politik ini adalah penggunaan setiap kesempatan untuk menyerang dan mengotori China," katanya.

Wang juga menyampaikan bahwa beberapa politisi sepenuhnya mengabaikan fakta-fakta dasar dan telah mengarang terlalu banyak kebohongan yang menargetkan China, dan merencanakan terlalu banyak konspirasi.

 

Tags : China , AS , Konspirasi

Berita Terkait