FX Rudyatmo: ASN Solo Mulai Masuk Kerja 2 Juni 2020

| Senin, 01/06/2020 12:57 WIB
FX Rudyatmo: ASN Solo Mulai Masuk Kerja 2 Juni 2020 Walikota Solo, FX Rudyatmo (foto Twitter)

SOLO, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mencabut kebijakan work from home (WFH) atau kerja di rumah bagi aparatur sipil negara (ASN) sebagai upaya persiapan menuju new normal di tengah wabah COVID-19.

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Nomor 061.1/978 tentang Petunjuk Teknis Perpanjangan Pelaksanaan Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Pemkot Solo.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyatakan, dengan adanya SE tersebut, ASN Solo mulai kembali bekerja di kantor dengan protokol kesehatan pada Selasa, 2 Juni 2020.

"Sesuai SE yang telah dikeluarkan Sekda Solo WFH berakhir tanggal 1 Juni 2020. ASN kembali masuk kerja di kantor besok Selasa tanggal 2 Juni," ujar Rudy di Solo, Minggu, 31 Mei 2020.

Kebijakan Pemkot Solo ini berbeda dengan Surat Edaran (SE) Nomor 57 Tahun 2020 yang diterbitkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo tanggal 28 Mei 2020.

Dalam SE Mendagri WFH ASN di perpanjang sampai tamggal 4 Juni. Sementara SE Walikota Solo meminta ASN masuk kerja dengan menerapkan protokol kesehatan dua hari lebih cepat.

Menurut Rudy, semua ASN yang berjumlah ribuan orang masuk kantor wajib menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19 dengan memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun atau membawa hand sanitizer sendiri.

"Presensi kehadiran, kami lakukan presensi melalui finger print sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan menyiapkan sarana cuci tangan atau hand sanitizer," kata Rudy.

Tags : Covid19 , ASN , Solo

Berita Terkait