Facebook Hapus Iklan Kampanye Trump yang Gunakan Lambang Mirip Nazi

| Jum'at, 19/06/2020 16:31 WIB
Facebook Hapus Iklan Kampanye Trump yang Gunakan Lambang Mirip Nazi Presiden AS, Donald Trump (Foto: Time of Israel)

JAKARTA, RADARBANGSA,COM – Perusahaan jejaring sosial, Facebook menghapus iklan kampanye pemilihan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menampilkan simbol Nazi Jerman.

Perusahaan mengatakan simbol dalam iklan kampanye Trump berbentuk segitiga merah terbalik yang mirip digunakan Partai Nazi untuk melabeli kelompoknya sebagai partai komunis.

Atas kejadian tersebut, pihak Facebook mengatakan jika iklan tersebut melanggar kebijakan perusahaan terkait larangan menyebarkan kebencian yang terorganisir.

"Kami tidak mengizinkan simbol yang mewakili organisasi yang penuh kebencian atau ideologi yang penuh kebencian kecuali jika mereka dihadapkan dengan konteks atau kecaman," kata Kepala Kebijakan Keamanan Jaringan Sosial, Nathaniel Gleicher, pada hari Kamis 18 Juni 2020, dikutip dari BBC.

Sementara itu, Tim kampanye Trump merespon dengan mengatakan jika simbol tersebut ditujukan untuk kelompok antifa, kelompok sayap kiri yang juga menggunakan simbol segitiga merah.

"Segitiga merah terbalik adalah simbol yang digunakan oleh antifa, jadi itu dimasukkan dalam iklan tentang antifa," ujar juru bicara kampanye Trump, Tim Murtaugh dalam sebuah pernyataan.

Tim menambahkan bahwa Facebook juga memiliki emoji yang sama persis dengan simbol kampanye Trump.

"Kami akan mencatat bahwa Facebook masih memiliki emoji segitiga merah terbalik yang digunakan, yang terlihat persis sama," tambahnya.

Menjelang pemilihan umum, BBC menyampaikan jika Facebook adalah platform yang sangat diperhatikan oleh Trump. Dimana sebagian besar anggaran iklan politik online-nya berjalan. Langkah facebook tersebut kemungkinan akan memicu kemarahan Trump.

Tags : Facebook , Nazi , Trump

Berita Terkait