Mendag Agus: Buah-buahan Jadi Komoditas Andalan di Tengah Pandemi

| Selasa, 11/08/2020 15:20 WIB
Mendag Agus: Buah-buahan Jadi Komoditas Andalan di Tengah Pandemi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menghadiri peluncuran Gelar Buah Nusantara di Jakarta (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menghadiri peluncuran “Gelar Buah Nusantara” ke-5 dengan tema “Gerakan Konsumsi Buah Nusantara" di Jakarta, Senin 10 Agustus 2020. 

Dalam kesempatan itu, Mendag Agus mengatakan, buah-buahan mampu menjadi komoditas andalan dalam menambah devisa negara di tengah pandemi Covid-19. Buah-buahan juga menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam menjaga kesehatan dengan berbagai pilihan jenis untuk dikonsumsi.

“Komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan memiliki potensi besar menambah pundi- pundi devisa negara dan menjadi andalan untuk dipasarkan di masa pandemi Covid-19. Saat ini, masyarakat seluruh dunia mulai menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga stamina dengan mengonsumsi buah yang sarat dengan kandungan vitamin,” ujar Mendag Agus Suparmanto dalam keterangan persnya.

Mendag Agus menambahkan, salah satu buah tropis Indonesia yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan adalah buah naga. Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekspor buah naga menjadi salah satu yang terbesar pada periode Januari-Maret 2020 yaitu 234,35 persen.

“Buah naga mempunyai potensi yang dapat terus dikembangkan mengalahkan Vietnam karena buah naga Indonesia dapat dipanen sepanjang tahun. Hal ini disebabkan letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa,” jelasnya.

 

Tags : Kemendag , Agus Suparmanto