Pembangunan Kampus UIII Depok Ditargetkan Rampung Juni 2021

| Rabu, 12/08/2020 16:29 WIB
Pembangunan Kampus UIII Depok Ditargetkan Rampung Juni 2021 Pembangunan Kampus UIII Depok (foto: pugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah membangun Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, di atas lahan seluas 142,5 hektare.

Pembangunan dilaksanakan dalam 2 tahap, yang pada tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp714 miliar. Selanjutnya tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk pembangunan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, yakni Masjid Kampus dan Perpustakaan akan terus dilaksanakan untuk dapat selesai sesuai target rencana dalam kontrak.

Kementerian PUPR juga membangun apartemen bagi Mahasiswi Blok I seluas 12.815 m² yang terdiri dari 8 lantai dengan jumlah kamar 268 unit. Adapun alokasi anggaran untuk pembangunan apartemen tersebut senilai Rp120 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Hutama Karya.

Untuk diketahui, pembangunan UIII tersebut dibagi dalam 3 zona. Untuk zona 1 terdiri dari Gedung Rektorat, Masjid, Perpustakaan, Gedung Fakultas, Infrastruktur Kawasan, Lanskap dan Ruang Terbuka Hijau, Eco Sanctuary Park.

Zona 2 merupakan Kawasan Mahasiswa (pusat kegiatan kemahasiswaan, toko buku, university mall, sarana olahraga), kampus residen (guru besar dan dosen, staf, keluarga mahasiswa, & apartemen mahasiswa), bangunan MEP (rehabilitasi bangunan lama).

Sementara itu, zona 3 terdiri dari: kawasan fakultas dan pusat kajian (pusat kajian, scholar center, pusat pelatihan), Kawasan Peradaban (museum, pertunjukan seni dan budaya Islam, dan gedung serbaguna/convention center).

Tags : Kampus UIII Depok , Kementerian PUPR

Berita Terkait