Pelaksanaan Sensus Penduduk di Lapangan dimulai 1 September Besok

| Senin, 31/08/2020 15:14 WIB
Pelaksanaan Sensus Penduduk di Lapangan dimulai 1 September Besok Sensus Penduduk BPS (Doc: Antara)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Badan Pusat Statistik akan segera melangsungkan Sensus Penduduk pada esok hari, 1 September 2020.

Kepala BPS, Suhariyanto menyampaikan jika implementasi kegiatan ini akan dilaksanakan di lapangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Data kependududukan menjadi kunci penting untuk membuat perencanaan di berbagai bidang mulai dari pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi dan lain – lain,” ujarnya dalam acara Kick Off Sensus Penduduk September 2020, Senin 31 Agustus 2020.

Sebelumnya sebanyak 51,3 juta masyarakat telah mengikuti sensus online pada rentang bulan Februari hingga Mei. Jumlah tersebut hanya setara 19 persen dari total masyarakat Indonesia.

Suhariyanto melanjutkan jika pendataan ini akan dilanjutkan pada 1 September besok dengan model pencacahan di lapangan.

“Seluruh Petugas sensus harus menjalani rapid test untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan sudah bagus sebelum terjun ke lapangan, dan saat terjun ke lapangan mereka juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, face shield, sarung tangan dan hand sanitizer serta wajib menerapkan physical distancing saat bertemu dengan responden,” tambahnya.

Melalui pelaksanaan sensus penduduk ini, BPS berharap dapat meyediakan data jumlah masyarakat secara de facto dan de jure beserta parameter demografi dan proyeksi penduduk.

“Dengan demikian, data dari hasil sensus penduduk tidak hanya penting untuk membuat perencanaan di masa kini tetapi juga untuk mengantisipasi apa yang terjadi di Indonesia di masa depan,” tukasnya.

 

 

Tags : BPS , Sensus Penduduk , Lapangan