Hasanuddin Wahid: Karya Terbesar Gus Dur adalah PKB

| Senin, 31/08/2020 21:35 WIB
Hasanuddin Wahid: Karya Terbesar Gus Dur adalah PKB Sekjen DPP PKB, M. Hasanuddin Wahid (foto Radarbangsa/TAP)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah guru tak hanya bagi Nahdliyyin, namun juga bangsa Indonesia. Semasa hidup, Gus Dur telah mewariskan berbagai macam pemikiran lewat karya-karya dan juga teladan dalam setiap tindakannya.

Demikian salah satu petikan manaqib atau biografi Gus Dur yang diutarakan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M. Hasanuddin Wahid saat memperingati Haul Sang Mahaguru ke-11 dalam kalender Hijriyah, Senin, 31 Agustus 2020.

Menurut Cak Udin (demikian Hasanuddin Wahid biasa disapa), karya Gus Dur semasa hidup sangat banyak. Namun ada satu karya yang menurut dia paling besar dibanding dengan karya yang lain.

"Bukan cuma KH. Hasyim Asy`ari yang meninggalkan karya kitab kuning, Gus Dur juga punya karya besar kitab kuning. Kitab kuning itu adalah Partai Kebangkitan Bangsa," kata Cak Udin.

Oleh karena itu, Cak Udin berpesan kepada seluruh kader PKB untuk menjaga dan membesarkan karya besar Gus Dur itu dengan cara memenangkannya dalam setiap kontestasi pemilihan umum.

"Kita jaga, kita menangkan PKB di Pemilu, di Pilkada, di Pilpres. Karena dengan begitu kita berarti sedang menjaga, ngaji dan mengamalkan karya besar Gus Dur," ungkap Cak Udin.

Selain Cak Udin, sejumlah tokoh PKB lainnya secara bergantian turut menyampaikan manaqib Gus Dur. Di antaranya ada Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, Saifullah Maksum, Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid dan Hanif Dhakiri, serta Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar juga turut membacakan manaqib Gus Dur di puncak acara Haul yang digelar secara Virtual tersebut.

Tags : PKB , Hasanuddin Wahid , Gus Dur