Wujudkan SDM Unggul, Ketua BNSP Tinjau Sertifikasi Kompetensi Perhotelan di Hotel Pullman

| Rabu, 09/09/2020 12:05 WIB
Wujudkan SDM Unggul, Ketua BNSP Tinjau Sertifikasi Kompetensi Perhotelan di Hotel Pullman Ketua BNSP, Kunjung Masehat menyampaikan sambutan dalam sertifikasi kompetensi bidang perhotelan yang digelar LSP RHN di Pullman Hotel Jakarta (foto BNSP)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kunjung Masehat menghadiri sekaligus meninjau sertifikasi kompetensi bidang perhotelan yang digelar Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN) di Pullman Hotel Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

Menurut Kunjung, sertifikasi kompetensi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sesuai dengan program pemerintah, yaitu mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing demi mewujudkan Indonesia Maju.

“BNSP sebagai sebuah badan diberi otoritas oleh negara untuk melakukan sertifikasi kompetensi sekaligus mempercepat tumbuh kembang SDM unggul,” kata Kunjung.

Tentunya, lanjut dia, pengembangan SDM ini dicanangkan dalam rangka melihat daya saing di dunia kerja saat ini. Kunjung menyatakan, saat ini tingkat kompetitif pekerja Indonesia masih kurang. Bahkan di beberapa aspek justru lebih unggul negara lain.

Karena itu, pembangunan SDM dijadikan prioritas utama pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo era 2019-2024, tak terkecuali SDM di bidang perhotelan.

“Upaya pemerintah, bahwa pada tahun 2015-2019 adalah menggalakkan program infrastruktur, tetapi di dua tahun terakhir sudah digeser ke pembangunan SDM. Makanya di tahun 2019-2024 ini dicanangkan SDM unggul, salah satunya melalui uji kompetensi seperti yang diselenggarakan hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Pullman Hotel Jakarta, Mr. Julien Heritier mengapresiasi sertifikasi kompetensi yang digelar LSP RHN. Dia berpesan agar seluruh peserta sertifikasi serius mengikuti uji kompetensi.

“Saya senang sekali dengan kegiatan sertifikasi hari ini. Tentu saya berharap seluruh asesi yang ikut sertifikasi ini menjadi orang-orang yang kompeten di bidang masing-masing,” kata Mr. Julien.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Bagian Sertifikasi Kompetensi BNSP, Lamria Napitupulu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Krishandi, serta pengurus LSP RHN.

Sertifikasi kompetensi yang digawangi oleh LSP Rajawali Hospitality Nusantara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. LSP RHN juga menggandeng sejumlah asesor ternama yang siap menguji seluruh peserta sesuai bidang masing-masing.

Sertifikasi ini diikuti oleh 94 peserta dari berbagai bidang. Seluruh materi uji kompetensi sudah disesuaikan dengan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sekaligus Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0.

Tags : BNSP , Kunjung Masehat , Sertifikasi Kompetensi , Perhotelan

Berita Terkait