Lakukan Inovasi Strategi Komunikasi, Humas Kemendag Raih PR Award

| Jum'at, 11/09/2020 21:51 WIB
Lakukan Inovasi Strategi Komunikasi, Humas Kemendag Raih PR Award Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Jenderal terus berkomitmen mewujudkan pelayanan informasi yang baik dengan melakukan inovasi strategi komunikasi.

Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya salah satu Pranata Humas Ahli Madya, Biro Humas Kementerian Perdagangan, Ruth Joanna Samaria, yang mendapatkan PR Award sebagai Insan PR Indonesia 2020 oleh Majalah PR Indonesia.

“Penghargaan ini menjadi semangat kami untuk selalu hadir melayani masyarakat. Kami akan terus melakukan inovasi strategi komunikasi untuk meningkatkan pelayanan di bidang kehumasan. Salah satunya, berupaya untuk menyediakan informasi yang akurat, cepat, tepat, transparan, dan akuntabel.,” ujar Kepala Biro Humas Ari Satria dalam keterangan persnya, Jumat 10 September 2020.

Menurutnya, Kemendag juga telah melakukan penyederhanaan birokrasi dan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Hal itu ditunjukkan dengan adanya restrukturisasi jabatan struktural menjadi jabatan fungsional, salah satunya jabatan fungsional pranata humas.

Menurut Ari, humas saat ini harus semakin tanggap dan cepat beradaptasi dengan situasi, terutama di tengah pandemi Covid-19. Kondisi ini menuntut humas untuk bekerja keras dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Selain itu, kondisi pandemi juga mengubah tatanan kerja yang sebelumnya berlangsung secara tatap muka, menjadi berjarak karena kebijakan pembatasan fisik (physical distancing). Untuk itu, berbagai inovasi dilakukan, seperti pelaksanaan rapat dan pelayanan informasi secara daring, hingga konferensi pers virtual dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi informasi.

“Prestasi yang membanggakan dari pegawai Biro Humas Kementerian Perdagangan ini membuktikan bahwa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkas Ari.

Penghargaan Insan PR Indonesia 2020 merupakan rangkaian acara Jambore PR Indonesia ke-6. Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan majalah PR Indonesia sebagai bentuk apresiasi kepada para praktisi dan komunitas kehumasan Indonesia. Ajang tersebut memberikan penghargaan dengan beberapa kategori antara lain Icon PR Indonesia, Insan PR Indonesia, PR Fellowship, dan lainnya.

Tags : Kemendag , Alkes , Covid19