Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

| Rabu, 04/11/2020 08:03 WIB
Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia Dalang Ki Seno Nugroho saat tampil dalam pagelaran wayang (foto eljhonnews)

SLEMAN, RADARBANGSA.COM - Dunia seni Tanah Air kembali berduka. Dalang wayang kulit asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho meninggal dunia, Selasa, 3 November 2020 malam.

Kabar ini dibenarkan akun Instagram resmi Cak Nun dan Gamelan Kiai Kanjeng. "Selamat jalan, Dalang Ki Seno Nugroho. 3 November 2020, 20.00 WIB, Yogyakarta," demikian keterangan dalam unggahan foto Ki Seno Nugroho tersebut.

Seno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang pembaharu gaya pedalangan masa kini.

Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 tersebut pada dasarnya merupakan dalang gaya Yogyakarta, namun dia juga sering memadukan dengan gaya Solo di pementasannya.

Seno Nugroho berasal dari keluarga seniman tradisional. Ayahnya, (alm) Ki Suparman Cermowiyoto, adalah dalang kenamaan gaya Yogyakarta yang sangat termasyur pada masanya.

Selama pandemi Covid-19, Seno Nugroho kerap menggelar pementasan wayang secara online. Salah satunya saat ulang tahun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ke-22, Juli yang lalu.

Tags : Ki Seno Nugroho , Wayang Climen

Berita Terkait