Hubungan Indonesia-Amerika Latin, Mendag Ajak Pengusaha Eksplorasi Potensi Bisnis

| Rabu, 11/11/2020 19:32 WIB
Hubungan Indonesia-Amerika Latin, Mendag Ajak Pengusaha Eksplorasi Potensi Bisnis Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: radarbangsa / TAP)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengajak para pelaku bisnis Indonesia dan negara-negara di Kawasan Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar) untuk  bekerja sama menggali potensi bisnis untuk meningkatkan perdagangan dengan Kawasan tersebut. Hal ini penting dilakukan, khususnya di tengah perlambatan ekonomi global akibat pandemi Covid-19.

Ajakan tersebut disampaikan Mendag pada Indonesia-Latin America and Carribean Business  Forum (Forum Bisnis INA-LAC) yang berlangsung hari ini, Senin, 9 November 2020 secara virtual.

Forum Bisnis INA-LAC diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dengan tema “Smart Partnership: Refocusing Indonesia-Latin America and the Carribean Economic Relations in the Time of Pandemic”. Kegiatan ini berlangsung secara virtual pada 9-11 November 2020.

 

“Kita harus dapat mengubah momentum krisis akibat pandemi ini menjadi kesempatan dalam meningkatkan kinerja perdagangan. Forum bisnis ini menjadi jembatan menuju kerja sama besar antara Indonesia dengan 33 negara di Kawasan Amlatkar agar tumbuh menjadi Kawasan yang saling menguntungkan dan menguatkan,” ujar Mendag dalam keterangan persnya.

Menurut Mendag, Amlatkar merupakan kawasan yang menjanjikan dalam melakukan kerja sama dagang. Berdasarkan data yang diolah Kemendag, pada 2019 Kawasan Amlatkar menawarkan potensi ekspor sebesar USD 944,5 miliar. Namun, ekspor Indonesia ke Kawasan tersebut baru mencapai USD 3,8 miliar.

Tags : Kemendag , Agus Suparmanto

Berita Terkait