Suasana Desa Tangkil Sragen Meriah, Kala Legislator PKB Turut Tanam Padi Malam Hari

| Sabtu, 28/11/2020 15:08 WIB
Suasana Desa Tangkil Sragen Meriah, Kala Legislator PKB Turut Tanam Padi Malam Hari Petani desa Tangkil, Sragen menanam padi di malam hari (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ada kebiasaan unik di Desa Tangkil, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Ibu-ibu petani di desa ini menanam padi di malam hari. Suasana jadi meriah ketikan kegiatan menanam padi dihadiri langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PFKB), Luluk Nur Hamidah. 

Mbak Luluk, sapaan akrabnya turut menanam padi bersama petani tersebut dengani ditemani Dirjend Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. 

Menurut salah satu petani, kebiasaan petani di Desa Tangkil ini menanam padi di malam hari, karena ketersediaan air, ”Kalau kami menanam pada siang hari tidak bisa karena kurangnya air,” ujar salah satu petani.

Penanaman padi ini kebanyakan dilakukan perempuan, jadi proses produksi pertanian ini dimulai dari peran perempuan. Ternyata peran perempuan ini sangat luar biasa, bahkan mulai tanam sampai panen.

Mbak Luluk berharap peran perempuan ini jangan diniscayakan, "Peran perempuan ini sangat besar dan sangat luar biasa terhadap produksi pertanian, bayangkan mulai tanam bibit, menyiangi lahan bahkan sampai panen," katanya.

Kunjungan ini merupakan wujud dukungan nyata kepada petani khususnya perempuan, betapa pentingnya peran perempuan dalam sektor pertanian, haruslah sebanding dengan hak yang akan mereka terima.

“Keterlibatan perempuan ini dalam prospek pertanian kedepan akan menjadi garansi keamanan pangan bukan hanya untuk rumah tangga saja akan tetapi juga untuk ketahanan pangan Nasional. Maka dalam pembangunan ekonomi ke depan sangat perlu kebijakan yang mengedapankan persoalan peran perempuan," tegasnya.

Dikesempatan yang sama Mbak Luluk menyampaikan pentingnya membangun infrastruktur pertanian, seperti Sumur Dalam, Irigasi, dan Jalan Usaha Tani, guna meningkatkan produksi pertanian.

Ketua Gapoktan Desa Tangkil sangat berharap dukungan insfrastruktur pertanian mendapat perhatian dari pemerintah, jika terwujud maka petani di Desa ini bisa tanam dan panen 3 kali dalam setahun.

Tags : Legislator PKB , Luluk Nur Hamidah

Berita Terkait