Jokowi Lantik Petrus Reinhard Golose Jadi Kepala BNN, Siapa Dia?

| Rabu, 23/12/2020 12:41 WIB
Jokowi Lantik Petrus Reinhard Golose Jadi Kepala BNN, Siapa Dia? Kepala BNN, Komjen Petrus Reinhard Golose (foto Berita Bali)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo melantik Irjen Petrus Reinhard Golose menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Desember 2020. Mantan Kapolda Bali ini dilantik menggantikan posisi Komjen Heru Winarko.

Dilantiknya pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 27 November 1965 ini sebagai orang nomor satu di BNN, secara otomatis menaikan pangkatnya menjadi bintang tiga atau Komisaris Jenderal Polisi (Komjen).

 

Petrus merupakan jebolan akademi polisi (Akpol) 1988. Petrus merupakan sosok di balik tewasnya gembong teroris nomor satu di Indonesia dan Malaysia, Dr. Azahari pada 2005 di Batu, Malang, Jawa Timur.

Saat itu, ia tergabung dalam Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri bersama Tito Karnavian (kini mendagri), Idham Azis (Kapolri), Saiful Maltha (purnawirawan), Rycko Amelzha Daniel (kini Kabaintelkam).

Berkat keberhasilan ini, Petrus bersama Tito, Idham, Rycko dan Saiful diganjar kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri Jenderal Pol Sutanto. Ia telah mengabdi di kepolisian selama kurang lebih 32 tahun dengan pengalaman menangani berbagai kasus terkemuka. 

Selain itu, Petrus turut serta sebagai Pasukan Perdamaian Polisi PBB (UN CIVPOL) di Kamboja-UNTAC (1993) dan Bosnia (2000—2001). Selain itu, ia juga terlibat dalam penyidikan internasional di Singapura, Malaysia, Jepang, Timor Timur, New Zealand, Amerika Selatan, Kamboja, Thailand dan Filipina.

Pada 2003 ia mengemban tugas sebagai Kasat IV Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Kemudian pada 2005 ia menjabat sebagai Wakil Kepala Detasemen 88/Antiteror.

Pada 2006 Petrus pernah menjabat sebagai Kepala Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri. Petrus Reinhard Golose juga peraih gelar Doktor Kajian Ilmu Kepolisian.

Ia berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul "Manajemen Penyidikan Tindak Pidana Hacking. Studi Kasus: Penyidikan Tindak Pidana Hacking website Partai Golkar Oleh Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri" pada 2008.

Petrus juga merupakan penulis yang produktif. Total tiga buku telah ia terbitkan, yaitu “Deradikalisasi Terorisme: Humanis, Soul Approach dan Menyentuh Akar Rumput”, “Invasi Terorisme ke Cyberspace”, dan “Seputar Kejahatan Hacking: Teori dan Studi Kasus”.

Pria berwajah garang ini kemudian diberi amanah untuk menjadi Kapolda Bali sejak Desember 2016 sebelum dilantik sebagai Pati Bareskrim Polri pada 20 November 2020.

Tags : BNN , Petrus Reinhard Golose

Berita Terkait