Jika untuk Vaksin, DPRD Jateng Izinkan Gubernur Refocusing Anggaran

| Jum'at, 29/01/2021 10:42 WIB
Jika untuk Vaksin, DPRD Jateng Izinkan Gubernur Refocusing Anggaran Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Vaksinasi sebagai bagian penanganan Covid-19 di Jawa Tengah sudah mulai berjalan. Bahkan di tingkatan pemerintah provinsi, sudah memasuki tahap kedua.

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah H Sukirman mengatakan, sangat mendukung vaksinasi tersebut. Sebab, hal ini merupakan bagian untuk segera menuntaskan masalah virus corona yang sudah hampir satu tahun terjadi.

“Karenanya, kita sangat mendukung upaya pemerintah ini. Memang tahap awal adalah untuk pimpinan instansi, atau lembaga dulu, mapun tenaga medis, sebelum sampai ke masyarakat umum,” ujarnya usai mengikuti vaksinasi tahap 2 di RSUD Tugurejo, Kota Semarang, Kamis, 28 Januari 2021.

Sebagai bagian dukungan dari Legislatif, Sukirman menambahkan, pihaknya mengizinkan gubernur untuk melakukan refocusing anggaran pada tahun ini. Syaratnya dana dari refocusing itu diperuntukkan untuk vaksinasi.

“Mungkin saat ini dosis vaksin yang diterima masih terbatas. Kita juga belum tahu kapan dosis vaksin yang ada benar-benar cukup bagi masyarakat Jawa Tengah,” katanya.

Atas dasar itu, lanjutnya, jika harus melakukan refocusing anggaran untuk vaksinasi, pihaknya siap memberikan lampu hijau. Sebab semua itu demi percepatan penanganan Covid-19.

“Karena dengan adanya Covid-19 ini, program-program lain tidak maksimal. Karenanya tentu perlu dukungan penuh untuk penyelesaian Covid-19 ini,” terangnya.

Jika pandemi Covid-19 telah usai, maka kata Sukirman, pembangunan daerah akan bisa maksimal. “Memang ada semacam pengorbanan dulu. Misalnya soal anggaran. Tentu kita prioritaskan untuk penanganan di sisi kesehatannya dulu,” sebutnya.

Dampak lain, seperti sosial, ekonomi, jelas Sukirman, juga bisa berjalan beriringan. “Namun jika sisi Covid-19 nya sudah selesai, maka program-program lain yang sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), akan lebih fokus lagi dan maksimal,” tandasnya.

Tags : PKB , Vaksinasi , Sukirman