Gandeng IHGMA, LSP Rajawali Uji Kompetensi Tenaga Kerja Perhotelan di Cilegon

| Jum'at, 26/03/2021 21:36 WIB
Gandeng IHGMA, LSP Rajawali Uji Kompetensi Tenaga Kerja Perhotelan di Cilegon Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN) menggelar Uji Kompetensi bagi tenaga kerja bidang perhotelan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN) bekerjasama dengan Indonesian Hotel General Manager Asosiation (IHGMA) Banten kembali menggelar Uji Kompetensi bagi tenaga kerja bidang perhotelan di wilayah Kota Cilegon, Banten, Jumat, 26 Maret 2021.

Uji kompetensi ini diikuti oleh sejumlah peserta yang berasal dari beberapa Hotel di Cilegon. Yaitu Hotel Aston Cilegon, Hotel Aston Anyer, Forbiz Hotel, Mambruk Hotel dan Swisbell dan dibuka oleh Ketua BPD IHGMA Banten, Dodi Faturahman.

Menurut Dodi, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertujuan untuk mempercepat pengakuan industri dan sektor terhadap tenaga kerja bersertifikat kompetensi.

Tak hanya mempercepat pengakuan, Dodi menyatakan acara itu sekaligus memfasilitasi calon tenaga kerja/tenaga kerja untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Tentu saja saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada BNSP dan LSP Rajawali bekerja sama dengan IHGMA untuk SDM pariwisata yang berkualitas dan mempunyai daya saing,” kata Dodi di Aston Cilegon.

Dodi menyatakan, uji kompetensi bagi setiap calon tenaga kerja maupun tenaga kerja sangat penting dilakukan. Selain sebagai bentuk pengakuan dari negara, peluang kerja mereka juga bisa lebih terbuka dan luas.

Sementara itu, Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cilegon, Joni juga menyambut baik uji kompetensi tersebut. Dia berharap seluruh peserta uji kompetensi semangat dan mengikuti seluruh rangkaiannya.

Dia juga meminta seluruh peserta untuk tetap optimis dan yakin geliat pariwisata dan perhotelan segera bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang masih menghantui. Seperti diketahui kata dia, selama masa pandemi beberapa hotel dan restoran mengalami penurunan pendapatan dari 85 menjadi 15 persen.

“Semoga ke depan bisa menjadi lebih baik, lebih hidup dan menggeliat juga (dunia perhotelan) bisa bekerjasama dengan pemerintah terutama kegiatan rapat-rapat, seminar dan kegiatan lainnya,” ungkap Joni.

Tags : BNPS , LSP RHN , Cilegon

Berita Terkait