Gus Yaqut Resmikan Kampus Baru UIN Raden Fatah Palembang

| Senin, 24/05/2021 14:45 WIB
Gus Yaqut Resmikan Kampus Baru UIN Raden Fatah Palembang Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (tengah) meresmikan kampus baru Raden Fatah Palembang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Kampus Baru dan Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah di Palembang, Sumatera Selatan, Senin 24 Mei 2021.

"Ini universitas keren sekali. Saya sudah masuk beberapa UIN dan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) lainnya dan baru di UIN Raden Fatah ini yang membuat saya takjub," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Menag Yaqut menyampaikan, kampus B UIN Raden Fatah Palembang yang pembangunannya bersumber dari Pinjaman Hibah Luar Negeri Islamic Development Bank (IsDB). Pembangunan yang dilaksanakan selama dua tahun mulai 16 Oktober 2018 hingga 7 Oktober 2020 ini menelan biaya sekitar Rp 430 Miliar. 

Peresmian Kampus B yang terdiri dari 9 gedung baru UIN Raden Fatah Palembang itu ditandai penekanan sidik jari secara digital dan penandatanganan prasasti oleh Menag Yaqut. Turut mendampingi Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyayu Khodijah dan Gubernur Sumsel Herman Deru. 

Sembilan gedung baru yang berdiri megah di Kampus B UIN Raden Fatah Palembang ini terdiri dari: Kantor Pusat Administrasi (KPA), Laboratorium terpadu, Perpustakaan Pusat, dua gedung Fakultas Sains dan Teknologi, dua gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Psikologi

"Model bangunannya tidak seperti biasa. Warnanya biru dan teduh. Saya berharap apa yang diperjuangkan Bu Rektor dan jajaran tidak sekadar membangun fisik melainkan juga membangun dan menyiapkan softwarenya," ungkap Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Gus Yaqut juga berharap bagunan megah kampus UIN Raden Fatah Palembang ini akan menjadi spirit bersama dalam membesarkan UIN kedepan tidak hanya di Sumsel melainkan di dunia internasional. 

Tags : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait