Kemenag: EMIS 4.0 Siap Jadi Sistem Pendataan Pendidikan yang Andal

| Senin, 24/05/2021 15:40 WIB
Kemenag: EMIS 4.0 Siap Jadi Sistem Pendataan Pendidikan yang Andal Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pengembangan Education Management Information System (EMIS) oleh Kementerian Agama (Kemenag) memasuki tahap stabilisasi. Mengusung nama EMIS 4.0, sistem ini sudah mulai digulirkan untuk digunakan para operator dalam proses pemutakhiran data pendidikan agama dan keagamaan.

"EMIS 4.0 ini merupakan suatu sistem pendataan pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama, di mana saat ini tengah melakukan revitalisasi dan pengembangan untuk menghadirkan sistem yang lebih baik dan lebih andal dengan didukung oleh teknologi yang lebih mutakhir serta beberapa terobosan baru," terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Ishom dalam keterangan persnya, Senin 24 Mei 2021.

Menurut M Ishom, EMIS 4.0 sudah mulai dirilis pada April 2021 untuk pemutakhiran data. Sejumlah provinsi sudah hampir menyelesaikan proses pemutakhiran datanya. Jawa Tengah misalnya, sudah 97,7% proses perbaikan datanya di EMIS 4.0. Jawa Timur juga sudah mencapai 80%.

"Kedua provinsi ini termasuk wilayah dengan jumlah madrasah terbanyak di Indonesia," ujarnya.

Meski demikian, sebagai sistem baru, Ishom mengakui masih diperlukan proses stabilisasi dalam bentuk optimalisasi konfigurasi server dan juga optimalisasi aplikasi. Selama proses stabilisasi ini, saran, masukan, dan feedback dari user, baik positif maupun negatif, tentu sangat diharapkan.

Tags : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait