Ketua KPK Sebut 1.274 Pegawai Hadiri Prosesi Pelantikan jadi ASN

| Rabu, 02/06/2021 12:04 WIB
Ketua KPK Sebut 1.274 Pegawai Hadiri Prosesi Pelantikan jadi ASN Ketua KPK, Firli Bahuri (foto: beritakinico)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menyebut seluruh pegawai yang memenuhi syarat dalam asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) menghadiri prosesi pelantikan sebagai aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa, 1 Juni 2021.

"Total pegawai KPK yang hadir dalam acara pelantikan pegawai KPK sebagai ASN tanggal 1 Juni 2021 adalah 1.271 orang pegawai, semua yang memenuhi syarat untuk dilantik," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta.

Firli menjelaskan, sebanyak 85 pegawai hadir secara fisik di Gedung C1 KPK, 354 pegawai hadir secara fisik di Gedung Merah Putih KPK, dan sebanyak 12 pegawai hadir secara fisik di Rutan Guntur KPK. "Hadir secara virtual melalui aplikasi Zoom sebanyak 820 orang pegawai," kata Firli.

Dikatakan, dari 1.351 pegawai KPK yang mengikuti asesmen TWK, 1.274 di antaranya dinyatakan memenuhi syarat untuk alih status sebagai ASN. Namun, dari jumlah itu, seorang pegawai di antaranya memutuskan mengundurkan diri, seorang tidak memenuhi persyaratan pendidikan dan seorang lainnya meninggal dunia.

"Sebelumnya, dari 1.274 pegawai KPK yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) terdapat tiga pegawai yang tidak turut dilantik hari ini," kata Firli.

Firli mengatakan, pelantikan ini merupakan salah satu syarat menjadi ASN. Dengan dilantik dan diambil sumpah, pegawai KPK masuk dalam ketentuan yang mengatur mengenai ASN.

"Pelantikan ini adalah salah satu syarat menjadi ASN tidak hanya sekedar lulus, karena dengan dilantik, dengan diambil sumpah kita masuk di dalam semua ketentuan yang mengatur ASN," katanya.

Para pegawai yang dilantik hari ini, kata Firli, terdiri dari dua orang Pemangku Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya, 10 Pemangku Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, 13 Pemangku Jabatan Administrator, serta 1.246 Pemangku Jabatan Fungsional dan Pelaksana.

Tags : KPK , Pegawai , Pelantikan

Berita Terkait