Hari Bidan Nasional, Menkes: Terima Kasih Telah Membaktikan Diri pada Masyarakat

| Kamis, 24/06/2021 19:05 WIB
Hari Bidan Nasional, Menkes: Terima Kasih Telah Membaktikan Diri pada Masyarakat Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa profesi bidan mendominasi dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat bila dibandingkan dengan profesi tenaga kesehatan lainnya. Ia menilai, bidan sangat dekat dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan.

"Bidan sangat dekat sekali kepada masyarakat. 82 persen pelayanan antenatal dilakukan oleh bidan, 62 persen persalinan ditolong oleh bidan dan 64,1 persen pelayanan keluarga berencana (KB) dilakukan oleh bidan. Dalam hal ini para bidan sebagai pemberi layanan terbanyak dibanding tenaga kesehatan lainnya," kata Budi dalam webinar puncak Peringatan Hari Jadi Ke-70 Ikatan Bidan Indonesia secara virtual, Kamis, 24 Juni 2021.

Diungkapkannya, peran bidan pada program pencegahan kematian ibu dan anak serta kesehatan reproduksi perlu terus dioptimalkan sesuai program prioritas pemerintah dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. "Kedekatan bidan di masyarakat harus kita manfaatkan serta optimalkan dengan dukungan Ikatan Bidan Indonesia untuk para bidan di Indonesia mempunyai komitmen untuk kualitas pelayanan bidan pada penguatan layanan primer," ujarnya.

Budi juga mengapresiasi peran seluruh bidan di Indonesia, terutama yang bekerja di daerah yang sangat terpencil serta daerah perbatasan dan kepulauan. "Terima kasih karena telah membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam pelayanan," ucapnya.

Tags : Menteri Kesehatan , Bidan , Hari Bidan Nasional , Indonesia