Kemenag Jadikan PP Sidogiri Inspirasi Kemandirian Pesantren

| Senin, 28/06/2021 15:57 WIB
Kemenag Jadikan PP Sidogiri Inspirasi Kemandirian Pesantren Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Pondok Sidogiri, Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur menjadi inspirasi bagi Kementerian Agama dalam mewujudkan salah satu program strategisnya, yakni kemandirian pesantren. 

"Kemandirian dan pemberdayaan Pondok Pesantren Sidogiri menjadi inspirasi bagi kami di Kementerian Agama dalam mewujudkan program kemandirian pesantren," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dilansir kemenag, Senin 28 Juni 2021.

"Kami menargetkan pada tahun 2024, sebanyak 5.000 pesantren yang tersebar di Indonesia memiliki kontribusi pengembangan ekonomi masyarakatnya," sambungnya.

Menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kemenag sudah meluncurkan peta jalan kemandirian pesantren. Program ini bertujuan mewujudkan pesantren yang memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan sehingga dapat menjalankan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat dengan optimal. 

"Produk ekonomi yang sudah dihasilkan oleh PP Sidogiri, di antaranya air mineral kemasan dengan merek Santri, kain sarung, dan baju koko," ujar Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Ia pun mengakui bila PP Sidogiri yang sudah berumur ratusan tahun tersebut tidak pernah merima bantuan pembangunan sarana dan prasarana baik dari pemerintah maupun pihak swasta. Operasional pesantren diambil dari hasil usaha kecil menengah dengan melibatkan peran santri PP Sidogiri. Kondisi itulah yang membuat pesantren Sidogiri bisa bertahan hingga saat ini dengan belasan ribu santri. 

Tags : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait