DPR Minta Kedepankan Empati dalam Penegakan PPKM Darurat

| Selasa, 13/07/2021 20:26 WIB
DPR Minta Kedepankan Empati dalam Penegakan PPKM Darurat Ketua DPR RI Puan Maharani (foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengimbau pemerintah dengan aparatnya untuk mengedepankan empati dan persuasif selama penegakan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah daerah.  

“Untuk mau mengikuti aturan PPKM Darurat itu, rakyat harus dipersuasi, jangan dimarahi-marahi, apalagi langsung main semprot,” ujar Puan Maharani dilansir dprgoid, Selasa 13 Juli 2021.

Meski demikian, Puan Maharani memahami tidak semua aparat bertindak dengan cara seperti itu, “Ada juga yang sangat persuasif. Bahkan sampai memberi ganti rugi para pedagang. Tapi tolong sebisanya hindari kericuhan dalam penegakan aturan di lapangan,” tegas Puan.

Puan turut menyayangkan masih adanya penegakan aturan PPKM Darurat yang kurang mengedepankan sisi humanis. Hal ini berdampak dengan munculnya spontanitas dari sejumlah warga masyarakat yang berbuntut kericuhan.

Untuk itu legislator PDIP ini mengimbau agar pemerintah perlu mengetahui bahwa masyarakat tidak bermaksud melanggar PPKM Darurat di tengah ancaman Covid-19. 

“Tetapi, perlu juga kita sadari bahwa masih ada kebutuhan pokok rakyat yang tidak terpenuhi dengan adanya pembatasan ini,” papar Puan.

Tags : PPKM Darurat , DPR , Satgas Covid19

Berita Terkait