Gus Muhaimin Beberkan Tiga Agenda Besar 23 Tahun PKB

| Jum'at, 23/07/2021 18:23 WIB
Gus Muhaimin Beberkan Tiga Agenda Besar 23 Tahun PKB  Gus Muhaimin menyampaikan pidato dalam rangka Harlah PKB ke 23 (foto Radarbangsa/AL)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mengutarakan tiga agenda besar PKB yang kini memasuki usia ke 23 tahun. Pertama, seluruh kader PKB harus memiliki dan memperkuat peran, serta kehadiran mereka di tengah masyarakat. Menurut Gus Muhaimin, setiap kader PKB memikul tanggungjawab yang diuji langsung oleh rakyat.

“Kader PKB pandai-pandailah berperan di semua level. PKB harus menjadi pendorong keberhasilan pemerintah mengatasi keadaan sulit saat ini. Kita harus menyuguhkan jalan penyeimbang mengatasi problem bangsa di masa sulit,” tutur Gus Muhaimin saat sambutan Doa dan Syukur Hari Lahir PKB ke 23 secara virtual, Jumat, 23 Juli 2021.

Kedua, lanjut Gus Muhaimin, penguatan dan penyempurnaan sistem politik baru. Dia menyatakan, salah satu agenda penyempurnaan sistem politik PKB adalah dengan penguatan legislatif di semua tingkatan sebagai bagian dari upaya menyinergikan program-program nasional hingga efektif di tingkat daerah.

“Agenda mendesak adalah membangun demokrasi yang bermartabat, bermanfaat, yang memberi hasil langsung dan nyata dinikmati masyarakat. Bukan demokrasi untuk euphoria dan hanya untuk kepentingan penguasa belaka, tetapi demokrasi yang produktif, dan demokrasi yang menghasilkan percepatan, keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Ketiga, memperbanyak kader militan yang tangguh dan siap memimpin jabatan publik. Menurut Gus Muhaimin, upaya ini harus dimenej dengan baik mulai dari pembentukan kapasitas dan kemapuan setiap kader PKB yang akan mengisi jabatan publik. Menurutnya jabatan publik tanpa ada persiapan matang, skil dan cara kerja yang terus diupgrade akan ketinggalan.

“Sudah eranya berubah, tantangannya berubah, (tentu saja) skil dan cara kerja jabatan publik juga harus berubah. Kapasitas politisi-politisi PKB mutlak harus mengalami perubahan. Persiapkan diri anda dan kita semua menyongsong era dan tantangan yang benar-benar berubah, tantangan yang betul-betul sulit, dan tidak seperti yang kita bayangkan secara normatif,” tukas Gus Muhaimin.

Sebagai informasi, doa dan syukur harlah 23 tahun PKB juga dihadiri oleh Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siroj, Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH. Dimyati Rois, Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH. Manarul Hidayah, Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, KH. Saifullah Maksum, jajaran pengurus DPP PKB, serta ribuan kader PKB di seluruh Indonesia yang mengikuti secara virtual.

Tags : Gus Muhaimin , Harlah 23 PKB

Berita Terkait