Arab Saudi Izinkan Umrah Mulai 10 Agustus, Kecuali Indonesia dan 8 Negara Lainnya

| Selasa, 27/07/2021 06:39 WIB
Arab Saudi Izinkan Umrah Mulai 10 Agustus, Kecuali Indonesia dan 8 Negara Lainnya Kebijakan Umrah di Arab Saudi (foto:AFP)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Arab Saudi sudah mulai membuka pintu untuk jemaah umrah mulai 1 Muharram 11442 Hijriah atau 10 Agustus 2021. Hal tersebut dikabarkan melalui surat edaran Kementrian Haji dan Umrah Arab Saudi.

"Mulai 1 Muharram 1442 H, Arab Saudi akan kembali menyambut jemaah umrah dari luar Arab Saudi," ujar Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaky Zakaria Anshary, Senin, 26 Juli 2021.

Namun, Pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan pembatasan bagi negara-negara tertentu untuk dapat masuk ke negaranya. 

Indonesia termasuk dalam negara yang masih dibatasi untuk masuk ke Arab Saudi. Indonesia beserta 8 negara lainnya belum termasuk ke dalam negara-negara yang diizinkan masuk.

 

Berikut 9 negara yang masih dilarang masuk ke Arab Saudi:

- Indonesia
- India
- Pakistan
- Mesir
- Turki
- Argentina
- Brasil
- Afrika Selatan
- Libanon

Menurut Zaky, 9 negara tersebut diperbolehkan masuk jika sudah melakukan karantina selama 14 hari di negara yang tidak berstatus banned oleh Arab Saudi.

"Warga yang melakukan penerbangan dari negara-negara tersebut diharuskan melakukan transit ke negara ketiga untuk melakukan karantina selama 14 hari, sebelum melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi," ucapnya

Lebih lanjut, Zaky mengatakan, berdasarkan edaran Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, jemaah yang ingin umrah wajib sudah menerima vaksin COVID dosis kedua. Arab Saudi telah merekomendasikan vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan J&J.

"Sementara penerima lengkap dosis vaksin China, harus dengan booster 1 dosis dari vaksin yang telah direkomendasikan," ujarnya.

Zaky memperkirakan, kemungkinan Arab Saudi bisa menerima jemaah Indonesia masuk wilayahnya, jika vaksinasi sudah mencapai 70 persen dan kondisi pandemi sudah membaik.

"Bisa saja mereka menerima jemaah umrah Indonesia yang sudah vaksin. Kita berdoa saja semoga kondisi pandemi berakhir dan kita bisa kembali umrah dan haji. Semoga ada keajaiban," ucapnya.

 

Tags : Umrah , Arab Saudi

Berita Terkait