Wapres Maruf Amin Dorong Bali Percepat Herd Immunity untuk Bangkitkan Pariwisata

| Kamis, 29/07/2021 21:51 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Bali Percepat Herd Immunity untuk Bangkitkan Pariwisata KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mmendorong pemerintah provinsi (Pemprov) Bali untuk mempercepat vaksinasi kepada masyarakat. Hal itu agar kekebalan komunal atau herd immunity di daerah itu dapat segera terbentuk.

Menurutnya, dengan tercapainya kekebalan komunal maka industri pariwisata akan segera bangkit. Karena, lanjutnya, dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada turis untuk berkunjung ke Bali.

"Perlu dipastikan agar herd immunity ini dapat segera tercapai. Selain untuk melindungi warga Bali sendiri, pemenuhan target vaksinasi akan membantu juga meyakinkan para wisatawan bahwa Bali sudah menjadi daerah yang selain indah juga aman," ujar Kiai Maruf saat memimpin rapat Konsultasi dengan Gubernur Bali, Wayan Koster dan Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali secara virtual, Kamis, 29 Juli 2021.

Selain itu, Wapres juga mendorong Pemprov Bali dan Satgas Penanganan COVID-19 setempat untuk meningkatkan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) kepada masyarakat. "Perlu dilihat kembali dan disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri bahwa bila positivy rate-nya di atas 25 persen, maka jumlah tes perlu ditingkatkan menjadi 15.000 per 1.000.000 penduduk," tuturnya.

Sementara itu, Wayan Koster dalam laporannya menyampaikan bahwa suntikan dosis pertama untuk masyarakat telah mencapai target yakni lebih dari 70 persen penduduk Bali. "Antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ini sangat tinggi. Vaksinasinya berbasis banjar dan berbasis komunitas sehingga percepatannya itu dapat dilakukan dan targetnya menjadi bisa dicapai," ujarnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Vaksinasi , Bali , COVID-19 , Pariwisata