BMKG Sangat Berperan Penting Tingkatkan Keselamatan Transportasi

| Jum'at, 30/07/2021 19:35 WIB
BMKG Sangat Berperan Penting Tingkatkan Keselamatan Transportasi Logo BMKG. (Foto: elshintacom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, informasi kondisi iklim dan cuaca yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) berperan penting dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi baik darat, laut, udara maupun kereta api.

“BMKG memiliki peran yang begitu penting untuk memberikan dukungan kepada Kementerian Perhubungan. Informasi kondisi iklim dan cuaca ini akan membantu kami dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi baik itu transportasi dalam pulau, antar pulau maupun internasional,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat 30 Juli 2021.

Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh BMKG dalam upaya membantu meningkatkan keselamatan di sektor transportasi. Menurutnya, sejumlah inovasi tersebut diantaranya: di sektor maritim, pembuatan sistem INA-WIS atau Indonesian Weather Information for Shipping, yaitu sistem yang dapat diakses untuk mengetahui informasi cuaca maritim selama 10 hari ke depan.

Kemudian, inovasi lainnya di sektor maritim yaitu pembuatan sistem INA-DRIFT. Yaitu sistem dapat dimanfaatkan untuk menunjang operasi kegiatan penanggulangan bencana lingkungan. Serta, pembuatan sistem Monitoring Operasional Meteorologi Maritim atau INA-OPSMAR, yaitu sistem pelaporan secara elemtronik yang lebih cepat dan terintegrasi dengan sistem jaringan Automatic Wheater System (AWS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, ungkapnya, inovasi di sektor penerbangan, BMKG juga meluncurkan System of Indonesian Aviation atau SIAM yang menyediakan berbagai informasi cuaca penerbangan (satelit cuaca, radar cuaca, informasi turbulensi, SIGMET, SigWx, kondisi cuaca bandara, dan prakiraan cuaca bandara) yang dikemas secara keseluruhan dalam satu platform.

“Saya melihat kemajuan IT di BMKG begitu maju. Ini menunjukkan betapa pentingnya BMKG menjadi suatu bagian yang mensupport data kepada kami agar keselamatan dapat kita jaga,” ungkap Menhub.

Tags : BMKG , Potensi Hujan

Berita Terkait