Menlu Retno Dukung Penggunaan Nuklir untuk Tujuan Damai

| Rabu, 22/09/2021 16:41 WIB
Menlu Retno Dukung Penggunaan Nuklir untuk Tujuan Damai Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Kemlu_RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengikuti General Conference (GC) ke-65, International Atomic Energy Agency (IAEA berlangsung tanggal 20-24 September 2021. Pertemuan ini digelar secara virtual.

Dalam kesempatan itu, menyerukan penggunaan nuklir untuk tujuan damai, “Kita harus terus mendorong penggunaan nuklir untuk tujuan damai,” kata Menlu Retno Marsudi.

Menurut Menlu Retno, memang tidak dapat dipungkiri bahwa nuklir dapat menjadi senjata yang mengerikan. Saat ini dunia masih belum sepenuhnya terbebas dari ancaman senjat nuklir dan perlombaan senjata nuklir masih terus terjadi.
 
“Namun pada saat yang sama, nuklir juga dapat digunakan untuk tujuan-tujuan yang bermanfaat bagi umat manusia. Untuk itu, tiga aspek penting harus dipastikan, yaitu keselamatan (safety), keamanan (security), dan perlindungan (safeguards) nuklir,” kata Retno dilansir kemlugoid.

“Salah satu aplikasinya adalah penggunaan teknologi nuklir untuk mengembangkan varietas padi yang unggul. Sejak 2013, Indonesia yang diwakili oleh Kelompok Peneliti Pemuliaan Tanaman Pangan (PAIR) bekerja sama dengan IAEA dan Badan Pangan Dunia (FAO) telah mengembangkan 23 varietas padi baru,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Menlu Retno, teknologi nuklir juga dapat berperan dalam upaya mengatasi pandemi, yaitu untuk mendeteksi varian virus baru dan mencegah terjadinya pandemi di masa depan.
 
“Mari kita lanjutkan kerja kolektif untuk ‘mempercepat dan memperluas kontribusi energi atom bagi perdamaian, kesehatan, dan kemakmuran’ sebagaimana yang tercantum dalam Piagam IAEA,” kata Menlu.
 

Tags : Tenaga Nuklir , Kemenlu , Menlu Retno

Berita Terkait