Kemendag Ingin Kembangkan Produk Busana Muslim Jadi Unggulan Indonesia

| Jum'at, 22/10/2021 22:26 WIB
Kemendag Ingin Kembangkan Produk Busana Muslim Jadi Unggulan Indonesia Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya mengembangkan produk halal dan busana muslim sebagai produk industri unggulan Indonesia.

Dalam forum Halal Trade Forum yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma`ruf itu mengangkat tema ‘Strengthening Halal’s Value Chain in the Global Market’.

Dalam kesempatan itu, Wapres KH Ma`ruf Amin mengajak semua pihak untuk bersama-sama memperkuat rantai nilai halal melalui empat langkah penting, “Pertama, akselerasi sertifikasi halal. Kedua, menguasai ekosistem pendukung ekspor produk halal mulai dari bahan baku, produksi, standar dan prosedur ekspor, hingga pemasaran, katanya.

"Ketiga, membuka dan menangkap peluang ekspor produk halal di era pemulihan ekonomi saat ini. Keempat, kolaborasi dan integrasi usaha besar dengan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” sambungnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menekankan perlunya memupuk potensi besar dari industri halal dan busana muslim dalam negeri.

"Pemerintah ingin mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia dan Jakarta sebagai kiblat industri busana muslim dunia," tukasnya.

Tags : Kemendag

Berita Terkait