PUPR Terus Lakukan Percepatan Pembangunan di Seluruh Indonesia

| Kamis, 28/10/2021 23:07 WIB
PUPR Terus Lakukan Percepatan Pembangunan di Seluruh Indonesia Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Foto: Jawa pos)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dukungan inovasi dan teknologi diperlukan dalam pembangunan infrastruktur untuk menjadi lebih cepat, akurat, efisien dan lebih berkualitas.

“Pemanfaatan teknologi yang tepat guna, efektif, dan ramah lingkungan juga didorong guna menciptakan nilai tambah dan pembangunan berkelanjutan sehingga manfaat infrastruktur dapat dirasakan generasi mendatang,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menjelaskan, tahun 2020-2024 Kementerian PUPR telah menetapkan target prioritas pembangunan infrastruktur. Di bidang sumber daya air di antaranya  61 bendungan di seluruh Indonesia dan jaringan irigasi untuk 500 ribu Ha daerah irigasi. Bidang konektivitas di antaranya pembangunan  2.500 km jalan tol baru dan 3.000 km jalan nasional baru.

Di bidang permukiman, lanjut Menteri Basuki, direncanakan peningkatan akses air minum layak menjadi 100%, peningkatan akses sanitasi layak menjadi 90%, dan pembangunan serta rehabilitasi 5.500 unit prasarana dan sarana pendidikan, olahraga, dan pasar. 

"Sedangkan untuk perumahan, Program Sejuta Rumah akan terus dilanjutkan melalui berbagai pola penyediaan dan pembiayaan perumahan yang lebih inovatif," jelasnya.

Tags : PUPR , Jalan Tol , PSN , Indonesia