Di Sela-sela COP26, Indonesia-Korsel Perkuat Kerja Sama bidang Infrastruktur

| Jum'at, 05/11/2021 22:00 WIB
Di Sela-sela COP26, Indonesia-Korsel Perkuat Kerja Sama bidang Infrastruktur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan Menteri Lingkungan Korsel di Skotlandia (foto: pu)

RADARBANGSA.COM - Di sela-sela perhelatan Conference of the Parties (COP) ke-26 di Glasgow, Skotlandia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Korea Selatan Han Jeoung-ae. 

Mengawali pertemuan bilateral tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin antara kedua negara di bidang infrastruktur.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Korea Selatan atas dukungannya untuk memperkuat kerja sama infrastruktur, termasuk ahli bendungan yang dirasakan sangat membantu. Kerjasama lainnya terkait pengembangan infrastruktur berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK/ICT), khususnya teknologi Advanced Hydrologic Measurement dan Pilot Project Smart Water Management Denpasar," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat 5 November 2021.

Menteri Basuki berharap dengan pemanfaatan TIK akan membantu untuk pengumpulan data hidrologi dan informasi air secara terkini untuk mewujudkan pengelolaan air yang berkelanjutan dan efisien.

"Saat ini dua kerja sama di bidang pemanfaataan TIK tersebut sedang dalam tahap persiapan untuk pelaksanaan," jelas Menteri Basuki.

Menurut Basuki, Kementerian PUPR ingin banyak mempelajari pengalaman Korea diatas sehubungan dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Saat ini Rancangan UU IKN sudah disampaikan Pemerintah ke DPR untuk dibahas lebih lanjut dan mendapatkan persetujuan," katanya.

Tags : PUPR , Korsel , Infrastruktur