Wapres Maruf Amin: FKUB Harus Jadi Inspirasi Kerukunan Umat Beragama

| Jum'at, 19/11/2021 20:56 WIB
Wapres Maruf Amin: FKUB Harus Jadi Inspirasi Kerukunan Umat Beragama Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin resmi membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Ke-6 FKUB Se-Indonesia Tahun 2021 di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat (19/11). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kehadiran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dinilai penting guna memperkuat toleransi dan kerukunan antar umat beragama baik di Indonesia maupun di dunia. Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin saat membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Ke-6 FKUB Se-Indonesia Tahun 2021, di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat, 19 November 2021.

“Kegiatan ini diharapkan dapat makin memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia dan sekaligus memberikan inspirasi bagi kerukunan umat beragama di dunia,” kata Kiai Maruf.

Diungkapkannya, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragama, sehingga kerukunan antarumat beragama sangat penting untuk terus dijaga. Karena hal itu merupakan unsur utama bagi terciptanya kerukunan dan kesatuan nasional.

"Kerukunan umat beragama tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus senantiasa kita jaga dan kita pelihara," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Kiai Maruf, majelis-majelis agama bersama pemerintah membentuk FKUB yang tugas utamanya adalah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kerukunan antarumat beragama baik dalam bentuk dialog maupun mediasi untuk mencegah terjadinya konflik atau menyelesaikan perselisihan.

“Saya memberikan apresiasi atas peran dan kontribusi FKUB sebagai media yang sangat efektif dalam membangun kerukunan serta sekaligus menyelesaikan perselisihan atau konflik berlatar belakang agama,” ujar Kiai Maruf seperti dilansir dari laman resmi Setkab RI.

Di akhir acara, Wapres memukul Tetengkoren sebagai tanda Peresmian Pembukaan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi FKUB ke-6 se-Indonesia Tahun 2021 serta melakukan penandatanganan prasasti penetapan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi se-Indonesia.

Tags : Wapres , Maruf Amin , FKUB , Toleransi , Indonesia